Langganan Pasokan Air Kurang, Warga Perum Alam Asri Datangi Kantor PAM Tirta Kamuning


KUNINGAN - Adanya kekhawatiran tidak lancarnya aliran air PAM ke rumah-rumah warga Perumahan Alam Asri 2, perwakilan warga mendatangi Kantor PAM Tirta Kamuning untuk menyampaikan keluhan mereka. Ditemui langsung oleh Direktur PAM Tirta Kamuning, Deni Erlanda, mereka menyampaikan bahwa setiap tiba musim kemarau, aliran air PAM ke perumahan yang mereka huni selalu tidak lancar. 



Usai menemui perwakilan warga,  Deni Erlanda memberikan keterangan kepada awak media,  bahwa di lingkungan sekitar perumahan tersebut memang diakuinya tidak lancar setiap tiba musim kemarau. 

Namun,  untuk tahun ini,  pihaknya mengkliam hal itu akan teratasi dengan dibukanya sumber air baru dari Mata Air Cibangir yang berada di Kelurahan/Kecamatan Cigugur. 

"Kita telah membuka mata air baru untuk memasok air bagi konsumen di sekitar Kuningan Kota termasuk di perumahan tersebut,  yakni dari Mata Air Cibangir. Mudah-mudahan Bulan Juli ini bisa mulai beroperasi,  " kata Deni di ruang kerjanya, Senin (29/06/2020).

Debit air dari saluran mata air baru itu dikatakannya,  adalah sebesar 60 liter per detik. Dengan debit sebesar itu,  Deni mengungkapkan,  akan bisa menutupi kebutuhan sekira 6.000 pelanggan yang ada di sekitar perumahan tersebut.

"Kami sudah bangun infrastrukturnya termasuk pipanya,  tinggal menunggu pompanya saja. Dua pekan lagi akan beres,  " ucapnya. 

Selain itu,  untuk antisipasi lain manajeman PAM Tirta Kamuning Kuningan telah menyiapkan teknis lain, yakni dengan pengiriman air menggunakan kendaraan tangki PAM setiap hari. 

Selain untuk pelanggan, menghadapi musim kemarau, kata Deni, PAM Kuningan selalu membantu warga yang membutuhkan air bersih yang menjadi "langganan" kekeringan setiap tahun. 

"Seperti di daerah Kuningan Timur, kita juga selalu membantu air bersih bagi mereka. Kami telah membahas hal ini,  karena tentu bantuan bagi warga adalah bukan hanya tanggungjawab kami, tapi juga pemerintah, " paparnya. 

Ke depan,  dengan adanya sumber air dari Cibangir, maka pasokan air untuk konsumen Kuningan Kota,  akan dilayani oleh mata air yang baru itu. 



"Sementara,  untuk air yang bersumber dari Waduk Darma,  akan disalurkan bagi konsumen di Kuningan Timur, " pungkasnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.