Test Swab Massal di Kabupaten Kuningan Dimulai, Berharap Kuningan Masuk Zona Hijau Covid-19


KUNINGAN - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat memantau kegiatan Test Swab Massal di Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan di Pandapa Paramartha Kuningan, Kamis (18/06/2020). Nampak hadir juga Bupati Kuningan, Acep Purnama dan pejabat Forkopimda Kabupaten Kuningan dan undangan lain.

Bupati Kuningan, dalam keterangan persnya mengatakan bahwa pelaksanaan Test Swab Massal tersebut merupakan langkah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kuningan untuk mengetahui kesiapan Kabupaten Kuningan menghadapi pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau yang dikenal dengan new normal.



"Ini untuk memastikan kesehatan masyarakat Kabupaten Kuningan dalam menghadapi masa PSBB transisi ke Adaptasi Kebiasaan Baru.  Alhamdulilah hari ini kita bisa memulai pelaksanaan test swab massal ini, harapannya nanti hasilnya negatif semua, Amin." ujar Bupati.

Untuk diketahui, saat ini status level kewaspadaan Covid-19 Kabupaten Kuningan di tingkat Provinsi Jabar berada di zona biru. Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapat bantuan sebanyak 1.485 alat test Swab dari Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan akurasi data terkait penyebaran Covid-19 Kabupaten Kuningan, yang sudah diperkirakan melandai.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, Susi Lusiyanti, menjelaskan bahwa pelaksanaan test swab di Kabupaten Kuningan, akan dilaksanakan selama 10 hari kerja. 

"Insya Allah, pelaksanaannya di 32 kecamatan dengan target 1.480 orang. Setelah selesai tanggal 1 juli nanti, kita akan langsung mengadakan rapid massal serentak juga di 32 kecamatan dengan kendaraan rapid massal, "  papar Susi.

Pihaknya akan mengaktifkan Puskesmas Keliling yang berada di 32 kecamatan, dengan sasaran test antara 100 sampai 200 rapid.  Sehingga ada sekira 3.200 warga yang akan dites rapid di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. 

"Hal ini kami lakukan dan kami upayakan agar benar-benar yakin bahwa Kabupaten Kuningan ini bersih dari Covid-19 dengan zona birunya," imbuhnya.

Pihaknya berharap, ke depan tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 sehingga Kuningan dapat beralih ke zona hijau. 

Di lain pihak, Camat Kuningan, Saleh Rokhiat menambahkan keterangan bahwa dalam pelaksanaan test swab di Pandapa Paramartha diikuti oleh 152 warga dari berbagai unsur di Kecamatan Kuningan.



"Jumlah pesertanya kurang lebih 152 orang yang terdiri dari berbagai unsur elemen seperti dari pemerintah kecamatan, desa/kelurahan dan sektor-sektor swasta di antaranya dari toko-toko modern, dealer motor, leasing dan masyarakat umum," sebut Saleh.

Ia menilai langkah test swab massal ini sebagai upaya positif yang dilakukan pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus corona. Apalagi saat ini Kuningan sudah memasuki level zona biru yang diharapkan bisa beralih ke zona hijau Covid-19. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.