Ada Spot Swa-Foto dan Pre-Wedding di Objek Wisata Waduk Darma


KUNINGAN – Kawasan obyek wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan terus dipercantik. Selain dengan dilakukannya revitalisasi kawasan wisata oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, kini pengelola OW Waduk Darma (Perumda Aneka Usaha) juga membuka kesempatan pada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Desa Jagara, Kecamatan Darma untuk ikut meramaikan lokasi tersebut dengan wahana berupa lokasi swafoto ataupun foto pra pernikahan (Pre-Wedding).



Ketua Kompepar Desa Jagara,  yang juga sebagai pengelola lokasi Spot Foto yang ada di pinggir Waduk Darma, Sopyan mengatakan bahwa pembuatan wahana spot foto itu dilakukan setelah mendapat restu dari Perumda Aneka Usaha sebagai pengelola resmi OW Waduk Darma.

“Lokasi spot foto ini adalah kerjasama antara Kompepar dengan Manajamen Perumda Aneka Usaha (PDAU) di Waduk Darma ini,” ujar Sopyan pada media, Sabtu (11/07/2020) di lokasi. 
Sopyan,  pengelola wahana Spot Foto

Ia mengaku senang karena PDAU telah merestui pihaknya untuk ikut meramaikan tempat wisata andalan Kabupaten Kuningan ini. Meski kerjasama tersebut tidak tertuang secara formal, namun diakuinya Kompepar Desa Darma sangat terbantu dari segi kegiatan.

"Wahana spot foto ini baru kita buat,  dan belum selesai semuanya,  karena kita masih terus melengkapi dengan pernak-pernik. Ini untuk memanjakan pengunjung dan menyediakan lokasi pengambilan gambar sebagai dokumentasi mereka,  " ujar pria yang juga sering disapa Oyon ini. 

Terpisah,  petugas piket PDAU yang menjabat sebagai staf operasional dan marketing OW Waduk Darma, Esa,  menambahkan,  bahwa setelah mendapat stimulan revitalisasi penataan OW Waduk Darma tahap pertama, kini ada beberapa perubahan wajah di lokasi wisata kebanggaan warga Kuningan itu. 

"Kini sudah terbangun taman-taman,  lokasi spot foto,  trotoar,  alat cuci tangan,  dan beberapa gazebo,  " ujar Esa. 

Ke depan,  untuk tahap selanjutnya, revitalisasi Waduk Darma,  diperkirakan akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021.

Setelah adanya pandemi Covid-19, baru satu pekan OW Waduk Darma ini kembali dibuka. Dalam sehari,  ada sekira 500 pengunjung yang datang. Sementara untuk kapasitasnya sendiri, OW Waduk Darma ini bisa menampung sekira 2000 orang pengunjung. 

Tarif masuk OW Waduk Darma,  dikatakannya,  adalah Rp 15 ribu per orang.  Saat ini, sebelum masuk lingkungan Waduk Darma, pengunjung dihimbau selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

"Sekarang kan masih menuju AKB,  jadi masih ada pembatasan jumlah pengunjung. Waktu operasional pun dibatasi hingga pukul 16:00 WIB,  " kata Esa. 

Selain lokasi spot foto, dan Gazebo,  banyak pengunjung OW Waduk Darma yang datang hanya sekadar untuk memancing. Ada juga yang ingin mengeksplor waduk dari atas perahu. 
Esa,  petugas PDAU

"Untuk penumpang perahu juga dibatasi,  biasanya 20 orang,  sekarang paling 10 orang sekali berangkat," kata salah seorang pemilik perahu,  saat dimintai keterangan.

Tarif untuk bisa berkeliling menggunakan perahu selama 30 menitan, dipatok seharga Rp 20 ribu per orang. 



Selain untuk obyek wisata, Waduk Darma juga dijadikan sebagai sumber air baku untuk penduduk Kuningan yang dikelola oleh PAM Tirta Kamuning. Selain itu,  perairan Waduk Darma juga jadi sumber air irigasi bagi lahan pertanian warga. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.