Alhamdulillah, 10 Pasien yang Dipulangkan, Hasil Swabnya Negatif


KUNINGAN - Kabar gembira datang dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan. Informasi pemulangan 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab dari eks RSCI atau Instalasi Insfeksi RSUD 45 pada Selasa (07/07/2020), ternyata diikuti oleh kabar bahwa hasil swab kedua mereka semuanya negatif. 

" Tadi saya sudah cek informasinya, Alhamdulillah, hasil swab keduanya semuanya negatif,  " terang Bupati Kuningan, Acep Purnama, saat dikonfirmasi media,  Selasa (07/07) malam. 



Acep merasa bersyukur atas adanya informasi tersebut,  hal itu menurutnya menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan gugus tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kuningan sudah tepat. 

"Begitu kita mendapatkan data mereka positif (hasil swab pertama-red) segera kita tangani. Sebelumnya kita juga yakin mereka sehat, karena masa inkubasi mereka sudah lewat (saat hasil swab pertama diumumkan-red), " papar orang nomor satu di Kabupaten Kuningan ini. 

Bupati mengakui,  hasil swab kedua datang malam tadi,  sehingga pagi harinya mereka bisa dipulangkan.

"Besok (Rabu, 08/07), hasil swab kedua ini baru akan diumumkan. Supaya di lingkungan rumah mereka, masyarakat tidak ada lagi keraguan, " kata Acep. 

Dengan diumumkannya hasil swab kedua yang negatif itu,  Acep melanjutkan, maka untuk kantor-kantor pelayanan masyarakat, seperti Puskesmas Sukamulya dan kantor Pemdes, yang sebelumnya ditutup,  akan dibuka kembali untuk umum. 

Terpisah,  Camat Karamatmulya, Guruh Zulkarnaen, saat dimintai keterangan terkait kepulangan warganya yang sebelumnya sempat diisolasi di Instalasi Insfeksi RSUD 45, menyatakan akan ikut mengawasi perkembangan kesehatan mereka. 

"Iya sudah dipulangkan, namun menunggu hasil swab kedua, mereka tetap harus karantina mandiri. Mudah-mudahan hasilnya negatif semua, " ujar Guruh (Ia dikonfirmasi sebelum ada informasi hasil swab kedua).

Sementara,  untuk pihak yang telah kontak erat juga telah dilakukan test swab semua. Untuk kontak yang tidak erat dengan pasien,  juga dilakukan rapid test. 

"Setelah keluar hasil swab negtaif,  kita harapkan mereka bisa kumpul kembali dengan keluarga dan masyarakat, " harapnya. 

Sebelumnya diberitakan, seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab massal tahap pertama yang dirawat di Instalasi Insfeksi RSUD 45 atau eks RS Citra Ibu Kuningan (10 orang), dipulangkan oleh pihak rumah sakit, pada Selasa (07/07/2020). 


Hal itu dibenarkan Direktur RSUD 45 Kuningan,  dr Deki Saifullah, saat dikonfirmasi awak media Selasa siang. Deki menyatakan bahwa semua pasien tersebut dalam kondisi sehat sehingga bisa dipulangkan. 

"Iya setelah tiga hari dilakukan perawatan sesuai protokol, terus dilakukan cek swab (kedua-red) mereka baru bisa dipulangkan," jelas Deki. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.