Danrem 063/SGJ Jadikan Kuningan Pilot Project Program Ketahanan Pangan


KUNINGAN - Komandan Komando Resor Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati (SGJ), Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide, melakukan kunjungan kerja di wilayah teriorial Komando Distrik Militer (Kodim) 0615/Kuningan, pada Jum'at (10/07/2020). 

Menurut rencana, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Kuningan, Danrem 063/SGJ akan melakukan beberapa kegiatan, diantaranya Penanaman Sayuran dan Pelepasan Benih Ikan dalam rangka Program Ketahanan Pangan menggunakan Formula BIOS 44, juga melakukan pengecekan gudang munisi dan aset tanah TNI yang berada di wilayah teritorial Kodim 0615/Kuningan.



Pada Jum'at (10/07) pagi, Danrem Elkines Villando, berkunjung ke lahan pertanian sayur-mayur di Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede. Hadir mendampingi Danrem, Bupati Kuningan, Acep Purnama, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Ukas Suharfaputra dan pejabat lainnya dari TNI, Polri serta Pemkab Kuningan.

Dalam kunjungannya tersebut, Danrem, Bupati, Dandim serta Kapolres melakukan penanaman bibit sayuran di lahan yang dikelola Kelompok Tani Dewi Sri Desa Windujanten. 
"Saya berharap dengan penanaman bibit Sayuran di Kuningan ini bisa menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai Pilot Project Ketahanan Pangan Masyarakat bersama TNI, " terang Danrem 063/SGJ, kepada media usai melakukan penanaman.

Pihaknya melihat bahwa masyarakat di Kabupaten Kuningan banyak yang bertani, dan bahkan telah terbentuk kelompok-kelompok tani yang optimal bisa mengelola lahan pertanian.

"Saya juga melihat dari prestasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuningan yang telah menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Kondisi nol kasus ini diharapkan bisa menggairahkan kembali masyarakat untuk bertanam, sehingga taraf hidupnya bisa kembali seperti sedia kala, " papar Danrem.

Danrem menyebut, dari beberapa wilayah teritorial Korem 063/SGJ, semua berpotensi untuk pelaksanaan program ketahanan pangan. Namun pihaknya, berharap, Kuningan lebih dulu tampil sebagai Pilot Project Program Ketahanan Pangan tersebut.

Sementara Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengaku bangga dengan dipilihnya Kabupaten Kuningan sebagai daerah pilot project ketahanan pangan bersama TNI. 

"Hari ini Saya bangga sekali mendapat kunjungan dari Pak Danrem 063/SGJ, yang pastinya akan tetap menjaga keamanan teritorialnya ini. Apalagi nanti bersama TNI, masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya dari program ketahanan pangan ini, " terang Bupati.



Terpantau, setelah kegiatan penanaman bibit sayuran, Danrem bersama rombongan juga melakukan panen buah tomat yang ditanam di lahan seluas 3 hektar. Mereka langsung memakan buah tomat unggulan itu bersama-sama di pematang lahan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.