Jual Hewan Qurban, Stok Banyak, Ada Bonus Jasa Jagal, Pengulitan Hingga Lepas Daging

Hewan Qurban Lapak Kabaru, Sehat dan Layak

KUNINGAN - Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, geliat penjualan hewan qurban semakin terlihat di Kabupaten Kuningan. Seperti biasa, lapak-lapak penjualan hewan qurban, tempat memajang hewan agar terlihat pembeli,  banyak dipersiapkan para pedagang.



Di antaranya,  Yayan Iba,  salah seorang pedagang hewan di Kuningan, yang sudah malang melintang selama puluhan tahun,  mulai mempersiapkan musim Qurban tahun ini dengan memperbanyak stok hewan, baik sapi maupun kambing / domba. 

"Alhamdulillah, sekarang Kabaru sudah siap stok hingga 80 ekor Sapi dan ratusan ekor Kambing atau Domba. Tahun lalu juga kita mencapai target penjualan 100 ekor lebih Sapi untuk Qurban,  " ungkap Yayan Iba saat diwawancarai media pada Sabtu (18/07) di lapaknya yang terletak di Jalan Eyang Weri Kelurahan Awirarangan.

Semua hewan qurban yang dijualnya,  Yayan berani menjamin telah lolos pemeriksaan kelayakan dan kesehatan dari dinas terkait, dan telah mendapat kalung Sehat. 

"Tadi juga ada dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan,  yang memeriksa hewan kita, Insya Alloh semuanya lolos pemeriksaan, " ujarnya. 
Yayan Iba
Di masa pandemi Covid-19 ini, Yayan menyebutkan, tentu banyak orang yang terdampak dan membutuhkan uluran tangan. Ia berharap,  dengan kondisi tersebut banyak dermawan yang mau mengulurkan tangan membantu hewan qurban bagi warga. 

Bicara metode penjualan, seperti biasanya, Kabaru menawarkan penjualan dengan sistem timbang hidup.  Dengan sistem tersebut,  kata Yayan,  pembeli bisa mudah menaksir seberapa banyak daging murni yang didapat dari satu ekor hewan tersebut.


"Bisa mudah memperkirakan berapa paket daging yang akan dibagikan ke masyarakat. Biasanya dari satu ekor hewan sapi,  misalnya,  empat puluh persen dari timbangan itu adalah daging murni,  " ucapnya. 

Terkait harga dari hewan yang ditimbang hidup, Yayan bicara, ada kelas-kelasnya.  Untuk sapi, harga teredah Rp 16 juta,  kemudian Sapi antara 291-320 kg dipatok di harga Rp 21 juta, dan kambing atau domba berkisar di harga Rp 2 juta-an. 

Adapun jenis sapi yang ada di lapaknya, Ia menyebutkan ada banyak, di antaranya Sapi Pasundan (lokal Jawa Barat), Sapi Brahmana, Sapi Limosin,  Sapi Simental, Sapi Kacang (lokal Kuningan),  Sapi Madura, Sapi Bali dan lainnya. 

"Selain menjual hewan qurban, Kami juga menerima harga termasuk jasa dari mulai penyembelihan, jasa upacara keagamaan ibadah Qurban, pengulitan hewan hingga nurunin daging lepas dari tulang, " papar Yayan. 

Dari daftar pembeli, Yayan mengatakan, kebanyakan dari para pelanggan asal Kuningan. Tak sedikit pula Ia mengirim hewan jualannya hingga ke Jakarta dan kota-kota lain di luar Kuningan.

"Ada harga tertentu yang kita gratiskan juga jasa pemotongan dan ngulitin. Bahkan untuk pembeli yang tidak langsung membawa hewannya, dititipkan di sini,  hingga pelaksanaan Qurban,  kita gratiskan juga biaya perawatan dan pemeliharaannya,  " ujarnya. 



Bagi pembaca yang berminat membeli hewan Qurban di Kabaru Farm,  Anda bisa langsung menghubungi Lapak milik Yayan Iba ini di Jalan Eyang Weri, Kelurahan Awirarangan, Kabupaten Kuningan.

Atau bisa menghubungi nomor handphone dan Whatsapp 081224015450. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.