Pangdam III/Siliwangi: Ketahanan Pangan dengan Bios 44 Bisa Bantu Bangkitkan Ekonomi Masyarakat


KUNINGAN - Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja di Wilayah Teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 0615/Kuningan, pada Kamis (30/07/2020). Dalam kunjungannya di Makodim 0615/Kuningan, Pangdam Mayjen TNI Nugroho, disambut oleh Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, dan Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar.



Dalam kunjungannya di Kuningan, Pangdam beserta rombongan melakukan tiga kegiatan, di antaranya melakukan monitoring kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Teritorial Kodim 0615/Kuningan, menyerahkan hewan qurban dan memonitoring kesiapan program ketahanan pangan dan asset TNI di Kuningan.

Bertempat di Aula Makodim 0615/Kuningan, Pangdam Mayjen TNI Nugroho menyampaikan bahwa saat ini di seluruh dunia sedang mengalami Pandemi Covid-19. Hal itu megakibatkan seluruh aspek sangat terdampak.

"Seperti di sektor ekonomi, pariwisata dan lapangan kerja sangat terdampak akibat pandemi ini. Panglima TNI melalui Kodam-Kodam telah memerintahkan agar membangkitkan kembali perekonomian masyarakat salah satunya dengan Program Ketahanan Pangan, " kata Pangdam.

Kedatangannya di Kuningan, katanya, adalah untuk melihat sejauhmana kesiapan pelaksanaan ketahanan pangan di masyarakat. Sehingga ke depan, masyarakat bisa memanfaatkan lahan sekecil mungkin untuk membantu meringankan perekonomian keluarga mereka.

"Saya telah melihat di beberapa Kabupaten/Kota sudah melakukan kesiapan dengan memanfaatkan Bios 44 yang sedang dikembangkan untuk menunjang program ketahanan pangan ini, " ujarnya.

Bios 44 itu, masih kata Pangdam, telah diuji laboratorium guna membantu mempercepat pertumbuhan tanaman, perkembangbiakan ikan dan ternak.

"Kalau penggunaan Bios 44 ini bisa tersosialisasikan dari TNI untuk masyarakat, tentu bisa membantu membangkitkan kembali ekonomi mereka di masa pandemi ini, " sebut Pangdam.

Selain itu, kedatangannya juga untuk melihat dan mengevalauasi kedisiplinan anggota TNI dan kondisi keamanan di Wilayah Kodim 0615/Kuningan.

"Keamanan di Kabupaten Kuningan ini sudah cukup kondusif, mudah-mudahan bisa tetap dipertahankan. Tentunya keamanan dan kondusifitas daerah ini bisa diwujudkan dengan adanya kekompakan masyarakat dan guyubnya Forkopimda yang ada, " katanya.

Pamgdam juga menyinggung, Kuningan memiliki alam yang indah dan banyak asset wisata, yang saat ini sedang diprogramkan oleh Pemda setempat agar bisa mendatangkan wisatawan domestik dan luar.


Setelah melihat demonstrasi penanganan Karhutla di Lapangan Kelurahan Ciporang, dan menyerahkan hewan qurban di Masjid An Nur Kodim 0615/Kuningan, Pangdam III/Siliwangi melanjutkan kegiatan dengan meninjau lahan asset milik TNI di Kecamatan Cilimus. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.