Bendera Merah Putih Raksasa Juga Hiasi Tebing Curug Bangkong Hingga Akhir Agustus


KUNINGAN - Pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Kabupaten Kuningan, Senin (17/08/2020), ternyata terdapat dua lokasi yang melakukan pengibaran bendera raksasa. Selain pengibaran bendera 10 x 7 meter di Telaga Surian Camp Park oleh Komunitas Pemanjat Tebing, di lokasi Obyek Wisata Curug Bangkong, Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang juga dipasang bendera raksasa dengan ukuran 50 x 3 meter.

Dalam pemasangan bendera raksasa itu terlihat masyarakat sekitar OW Curug Bangkong sangat berantusias. Mereka dengan semangat bahu membahu membawa bendera merah putih berukuran raksasa untuk dikibarkan di tebing Curug Bangkong.



"Alhamdulillah kita bisa memasang bendera raksasa tersebut dengan kekompakan warga di sini. Sejak Senin (17/08) pagi, mereka sudah berkumpul, " kata Dani Siswanto, Kepala Desa Kertawirama, pada media.

Terpantau, sebelum dipasang di tebing Curug Bangkong, kain merah panjang itu, diarak dari halaman Kantor Desa Kertawirama sejauh 700 meter. Sesuai jadwal yang disepakati, tepat pukul 10:17 WIB bendera tersebut dipasang dari tebing sebelah utara ke tebing barat, dekat air terjun.

Prosesi pemasangan bendera raksasa itu, juga diwarnai dengan pengormatan bersama serta dinyanyikannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

"Iya ide pembuatan dan pemasangan bendera raksasa ini datang dari para pemuda desa. Tujuannya untuk menghargai jasa para pahlawan, dan masyarakat desa pun sepakat untuk mengibarkan bendera merah putih sepanjang 50 meter itu," kata Dani lagi.

Selain sebagai media promosi Curug Bangkong yang kini sudah banyak dikenal, menurut Dani, kegiatan yang baru pertama kali dilakukan itu juga untuk membangkitkan serta menjaga rasa nasionalisme masyarakat desa. 

"Alhamdulillah Wisata Curug Bangkong saat ini sudah dikenal dan jadi ikon Desa kami, ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, " ujarnya.

Bendera yang telah terpasang di tebing Curug Bangkong itu, rencananya akan tetap berada di sana hingga akhir Agustus 2020 ini.



Terpisah, salah seorang pengarak bendera raksasa, mengaku terharu dan bangga telah bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Saya terharu karena mengenang jasa para pahlawan sehingga Sang Merah Putih bisa berkibar di Bumi Pertiwi ini, " kata Sri Lestari pada KR di lokasi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.