Dua Kebakaran Terjadi Ahad (30/08) Malam, Petugas Damkar Tetap Semangat


KUNINGAN - Dua kejadian kebakaran terjadi pada Ahad (30/08/2020) malam. Kejadian pertama berupa kebakaran lahan di sekitar Jalan Baru Ancaran, Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung. (Baca: Telat Sedikit Saja, Puskesmas Sindangagung Bisa Ikut Terbakar).

Usai menangani kejadian kebakaran yang pertama, ternyata para petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan, kembali disibukkan dengan kejadian kebakaran kedua. Berbeda dengan yang pertama, kejadian yang kedua berupa kebakaran salah satu rumah warga di Rt 15 Rw 04 Dusun Patrol  Desa Sukarasa Kecamatan Darma.



"Kebetulan jarak lokasi kebakaran pertama dan kedua berjauhan. Namun petugas kami tetap semangat, langsung menuju lokasi kebakaran kedua di Desa Sukarasa, " ungkap Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, melalui sambungan seluler, Ahad malam.

Peristiwa kebakaran rumah milik Nenek Uningsih (70 Tahun), hanya selang sekira setengah jam dari laporan kebakaran lahan di Babakanreuma.

"Laporan diterima pada pukul 21:15 WIB dari Pak Toto, Kepala Desa Sukarasa. Lima petugas kami dan satu unit Damkar langsung meluncur ke lokasi, " kata Khadafi.

Diterangkan, menurut keterangan saksi mata,  Dadi Riyadi (34 tahun) sekitar pukul 20.45 WIB terlihat kepulan asap dari arah belakang rumah/dapur  yang menyatu dengan kandang kambing .

 " Saksi melihat api kemudian membakar dengan cepat bangunan belakang rumah. Serentak, saksi kemudian langsung membangunkan pemilik rumah yang tinggal seorang diri, " tuturnya.

Kemudian, saksi pun melaporkan kejadian kebakaran rumah kepada Kepala Desa Sukarasa, dan diteruskan ke Kantor UPT Damkar Kuningan melalui sambungan tekepon (0232) 871113. 

"Alhamdulillah pemilik rumah bisa ditolong. Dibantu warga setempat, aparat Pemerintahan Desa sukarasa, anggota Polsek Darma, proses penanggulangan api hingga padam memerlukan waktu 30 menit, " sebut Khadafi.

Ia menjelaskan, penyebab kebakaran diduga dari pembakaran rumput kering di kandang kambing dengan tujuan untuk proses penghangatan binatang ternak/mengusir serangga.

" Sepertinya pemilik lupa memadamkan api pada rumput kering tersebut dan api merambat ke bangunan rumah. Ditaksir kerugian korban sebesar Rp 29,250 juta, " ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan juga berhasil membantu pemadaman api yang membakar alang-alang di lahan kosong sekitar Jalan Baru Ancaran pada Ahad (30/08) malam.



Api diduga berasal dari pembakaran serabut kelapa dan sampah di sekitar lokasi. Beruntung ada warga yang lewat di sekitar lokasi tersebut, dan meneruskan laporan ke aparat Desa Babakanreuma.

"Kalau tidak cepat ditangani, api bisa merambat ke Bangunan Puskesmas Sindangagung yang berada di dekat lokasi lahan kosong itu," ujar Khadafi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.