Karangtaruna Ancaran Bersatu Tutup Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI


KUNINGAN - Karang Taruna Ancaran Bersatu menyelenggarakan kegiatan penutupan rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada Kamis (20/08/2020) malam. Acara penutupan kegiatan yang diberi tajuk Pesta Rakyat Desa Ancaran dihadiri Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, dan Anggota DPRD Kuningan Fraksi Gerindra Bintang, Sri Laelasari.

Agenda yang dimulai dengan penampilan marawis itu diteruskan dengan pembagian hadiah-hadiah berbagai perlombaan yang digelar sejak Selasa (18/08).



Wabup Ridho Suganda, dan Aleg Gerindra, Sri Laelasari didaulat untuk membagikan hadiah-hadiah kejuaraan pada para pemenang.

Dalam sambutannya, Wabup mengapresiasi gerakan anggota Karangtaruna Ancaran Bersatu yang telah berperan aktif dan menyumbangkan hal positif bagi masyarakat desa sesuai kapasitasnya.

"Saya juga pernah merasakan sebagai bagian dari anggota Karangtaruna mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Bahkan Saya sekarang menjabat sebagai Pengurus Korwil 3 Provinsi Jabar. Dan jadi kader Karangtaruna terbaik di Jabar, " ungkap Edo.

Ditambahkan Wabup Edo, sapaanya, program Karangtaruna seharusnya bisa menunjang program pemerintah baik di desa maupun di kabupaten. Karangtaruna juga diharapkan bisa mengentaskan kesenjangan di masyarakat.

"Pemerintah Daerah tetap mendukung program yang dicanangkan Karangtaruna, jika niatnya terus berbuat dan berjuang memberi kontribusi positif buat masyarakat, " katanya.

Dengan peran aktif Karangtaruna, imbuhnya, Pemdes akan lebih mudah karena anak mudanya yang pro aktif.

"Kami dari Pemda Kuningan berharap Pemdes bisa menyisihkan anggaran yang signifikan untuk program kepemudaan. Agar para generasi muda tidak patah semangat dalam berkarya, " ujarnya.

Edo menutup sambutannya dengan mengatakan bahwa selain pemerintah, peran para orangtua juga harus tetap memberikan bimbingan bagi generasi muda. 

Sementara, Aleg Sri Laelasari, mengaku sangat mendukung jika ada generasi muda yang peduli pada kemajuan desanya.

"Generasi muda yang tergabung dalam Karangtaruna adalah potensi besar bagi desa seharusnya jadi mitra dalam melaksanakan program pemerintah setempat, " kata Sri.

Sebelum agenda penutupan rangkaian HUT Kemerdekaan RI Desa Ancaran, telah dilakukan Penyuluhan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal Life) melalui penerapan protokoler kesehatan, oleh Karangtaruna Ancaran Bersatu.

Ketua Karang Taruna Jana Sugandi menyampaikan bahwa kegiatan peringatan HUT RI ini mengambil konsep new normal life yang lebih mengedepankan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya penerapan
protokoler kesehatan.



" Kemudian ada kegiatan kebersihan lingkungan, olah raga dan lomba mewarnai dan ditutup dengan festival kesenian rakyat. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini
merupakan bentuk kerjasama Karang Taruna Ancaran Bersatu dengan UPTD Kesehatan Kecamatan Kuningan dan Rumah Sakit El Syifa Kuningan, " papar Jana.

Menurutnya, kondisi saat ini tentunya berbeda dengan tahun sebelumnya khususnya dalam memperingati HUT RI dimana saat ini bangsa ini sedang dilanda pandemik covid-19 sehingga penyelenggaraan kegiatan harus benar benar mematuhi aturan protokoler kesehatan. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.