PMI Kuningan Akui Stok Darah Jauh dari Ideal, Ini Jadwal Donor Darah di Kecamatan Garawangi


KUNINGAN – Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kuningan, dr Dedi Kurnia menyebutkan bahwa kondisi Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada persediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kuningan. Dedi mengatakan jumlah labu darah di PMI Kuningan saat ini jauh dari ideal. 

Di akhir Bulan Agustus 2020 ini, di PMI Kuningan hanya tersedia sekira 126 labu darah



"Stok darah itu terdiri dari golongan darah A ada 37 labu, golongan darah B ada 47 labu dan golongan darah AB ada 7 labu serta golongan darah O ada sebanyak 35 labu,” rincinya.

Bicara soal jumlah ideal stok labu darah yang seharusnya tersedia adalah sekira 1500 labu. Sehingga persediaan darah di PMI Kuningan masih kurang dari 10 persen dari angka idealnya.

"Padahal kebutuhan darah rata-rata perbulan di sini adalah sebanyak 1400 labu, " sebutnya.

Dedi mengatakan dalam memenuhi ketersediaan darah jika banyak dibutuhkan, pihaknya selalu mendapatkan donor terbesar dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Juga dari kalangan masyarakat umum lainnya.

Karena sebagian besar pendonor adalah kalangan pelajar, maka di saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tidak dilakukan di sekolah, maka saat ini sulit menghubungi atau mendapatkan donor dari kalangan pelajar ini.

Disinggung soal komunitas pendonor darah di Kuningan, Dedi menyebut ada sekira 10 ribu jumlah anggotanya.

“Meski ada anggota komunitas sebanyak itu, namun tetap saja kita masih keteteran saat membutuhkan bantuan pendonor. Karena tergantung kesiapan mereka juga, " tandasnya.

Labu darah yang terkumpul di PMI, saat dibutuhkan di beberapa lembaga medis, selalu langsung dikirimkan.

"Kita langsung drop saat lembaga medis, seperti RSUD 45 dan RSU Linggajati membutuhkan. Namun kendalanya adalakalanya telat dalam pembayaran, " ujarnya

Keterlambatan pembayaran tersebut, jelas menghambat kinerja PMI, karena dengan pembayaran tersebut lah PMI bisa menyediakan alat dan biaya operasional.

Sebagai antisipasi kekurangan darah ini, PMI selalu melaksanakan kegiatan dengan upaya donor darah di masing-masing ranting Kecamatan. 

Seperti yang akan dilakukan di Ranting Kecamatan Garawangi, mulai tanggal 7 hingga 17 September mendatang, akan digelar roadshow donor darah di berapa desa.

Dari jadwal donor darah yang diterima KR, berikut rincian waktu pelaksanaan donor darah di beberapa desa:

1.  Senin /07 September 2020 
      - Desa Garawangi
2.  Selasa/08 September 2020 
     - Desa Mekarmulya
     - Desa Sukamulya
3.  Rabu / 09 September 2020
     - Desa Purwasari
     - Desa Tembong
4.  Kamis /10 September 2020
     - Desa Mancagar
5.  Senin /14 September 2020
     - Desa Kutakembaran
6.  Kamis /17 September 2020
     - Desa Pakembangan



Semua jadwal kegiatan donor darah di atas akan dimulai pada pukul 09:00 WIB sampai dengan selesai.

"Kegiatan donor darah ini merupakan program kerja PMI Kuningan dalam rangka pemenuhan kebutuhan darah untuk masyarakat, " tukas Dedi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.