Pengumuman Penutupan Puskesmas Cigandamekar Ditempel di Pintu Masuk, 3 Nakes Harus WFH Sepekan


KUNINGAN - Seorang pegawai Puskesmas Cigandamekar, yang berhasil ditemui KR di lingkungan kerjanya, Yogi Nugraha, menerangkan terkait rencana penutupan pelayanan Puskesmas Cigandamekar selama tiga hari mulai Senin (07/09/2020) besok.

"Ya, mulai besok Senin, Puskesmas Cigandamekar tutup, tidak memberikan pelayanan seperti biasa. Hal itu disebabkan karena berdasarkan hasil swab tanggal 31 Agustus 2020 lalu, dari hasil swab pegawai yang sudah keluar, ada yang terkonfirmasi covid-19, sebanyak 3 orang, " paparnya saat diwawancara di depan Kantor Puskesmas Cigandamekar, pada Ahad (06/09) sore.



Dikatakannya, menurut PLT Kepala Puskesmas Cigandamekar, yang sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, bahwa mulai besok pelayanan kesehatan di tempat kerjanya akan  ditutup selama 3 hari ke depan.

"Dan untuk pegawai yang terkonfirmasi Covid-19, yang tiga orang, mereka WFH (kerja dari rumah) selama sepekan untuk mengikuti isolasi mandiri, " imbuh Yogi.

Ketiga nakes yang terpapar itu, masih katanya, tidak dirawat di Ruang Instalasi Khusus RSUD 45 (eks RS Citra Ibu), karena kondisi mereka sehat atau tanpa gejala.

Untuk tindak lanjutnya, nanti akan diadakan tracking bagi yang terkonfirmasi positif terkait siapa yang telah kontak erat dengan mereka.

"Selanjutnya, untuk sterilisasi lingkungan puskesmas sudah dilaksanakan tadi siang oleh petugas Kesling, " sebutnya.
Di Puskesmas Cigandamekar tersebut, ucapnya, ada 40 karyawan yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL).

Disebutkan, Puskesmas Cigandamekar dalam pelayanan menjangkau 11 desa termasuk beberapa daerah di tetangga kabupaten, karena letaknya yang berbatasan dengan Kabupaten Cirebon.

"Iya, ada juga dari daerah Kabupaten Cirebon yang berobat di sini, yakni dari daerah Kertawangun, dan Winduhaji. Selain itu hanya dari 11 desa di sekitar Kecamatan Cigandamekar, " tukasnya.

Sebelumnya, diberitakan, Crisis Center Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan merilis ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 11 orang pada Ahad (06/09/2020). Tiga orang diantaranya yang dinyatakan terpapar tersebut adalah tenaga kesehatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti,  mengatakan penambahan 11 kasus baru itu berasal dari swab massal serta hasil tracing kasus-kasus sebelumnya.



Ditanya soal 3 orang nakes yang terpapar, Susi menyebut, mereka adalah pegawai dari Puskesmas Cigandamekar yang diketahui hasil konfirmasi positif berdasar swab yang dilakukan sepuluh hari ke belakang.

"Karena adanya tiga orang nakes di Puskesmas Cigandamekar yang positif itu, maka Kami mengeluarkan kebijakan untuk menutup puskesmas selama tiga hari,  terhitung mulai Senin (07/09) sampai dengan Rabu (09/09)," kata Susi.(Nars)

No comments

Powered by Blogger.