Tak Bisa Dilayani Puskesmas 3 Hari, Warga 11 Desa di Cigandamekar Masih Bisa Akses Pelayanan di Bidan Desa


KUNINGAN – Mulai Senin (07/09/2020), pelayanan di UPTD Puskesmas Cigandamekar ditutup sementara hingga Rabu (09/09) lusa. Otomatis, warga 11 desa yang tercakup dalam pelayanan puskesmas tersebut tidak mendapat pelayanan kesehatan seperti biasanya.

Namun, warga yang memerlukan pelayanan kesehatan masih bisa mengunjungi praktik bidan-bidan desa yang tersebar.



“Meski puskesmas menutup pelayanan selama tiga hari, namun warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan, bisa ke bidan yang berada di masing – maing desa,” kata Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kuningan, Denny Mustafa, melalui sambungan telepon selulernya, Senin (7/9/2020).

Melalui pelayanan bidan desa tersebut, warga yang perlu dirujuk ke Puskesmas terdekat, masih bisa dirujuk oleh bidan desa.

Khawatir Kuningan Zona Orange

Terpisah, mantan Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Agus Mauludin, yang juga bertugas di Crisis Center Penanganan Covid-19 Kuningan, menyebut dengan adanya swab massal beberapa waktu lalu, semakin terlihat adanya penyebaran warga dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

"Jika angka kasus konfirmasi positif Covid-19 ini terus meningkat, kita khawatir Kuningan yang semula masuk zona kuning, bisa jadi zona orange lagi, " ungkap Agus.
Jika Kuningan masuk lagi zona orange, imbuhnya, konsekuensinya, pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat bisa diterapkan lagi. 

Namun pihaknya bersama beberapa stakeholder gugus tugas Covid-19 Kuningan, akan terus berupaya menekan penyebaran covid-19 ini dengan gencar menghimbau warga agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Kita juga bagikan banyak masker di tiap kegiatan kepada warga dan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan terus dilakukan, ini demi lancarnya kegiatan masyarakat juga, " tandasnya.



Sebelumnya diberitakan, penutupan pelayanan kesehatan di instansi layanan kesehatan umum kembali terjadi di Kuningan. Kali ini, Puskesmas Cigandamekar mendapat giliran ditutup selama 3 hari, akibat 3 nakesnya terpapar Covid-19.

Penutupan instansi layanan kesehatan di Kuningan ini terjadi ketiga kalinya. Sebelumnya, Puskesmas Sukamulya, Kecamatan Cigugur dan RSUD 45 Kuningan juga sempat ditutup beberapa hari untuk upaya sterilisasi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.