Hujan Disertai Petir, Sejumlah Alat Elektronik Rusak


KUNINGAN - Warga RT 01 RW 01 Lingkungan Manis, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, harus menanggung kerugian akibat hujan deras disertai petir yang terjadi pada Ahad (25/10/2020) sore, di wilayah Kabupaten Kuningan. Petir yang menggelegar beberapa kali mengakibatkan barang-barang elektronik yang dimiliki warga mengalami kerusakan.

Seperti yang dituturkan Enda, warga setempat, akibat sambaran petir pada Ahad sore, barang elektronik berupa televisi yang ada di runahnya rusak.



"Iya Om, televisi punya Saya tersambar petir sore tadi. Ini mah alamat harus "jajan" lagi, mana keadaan sedang pandemi begini, " ujarnya melalui sambungan seluler kepada KR.

Kerugian lebih parah lagi, dialami Totoh, masih warga Lingkungan Manis, Kelurahan Cigugur. Tiga unit televisi yang ada di rumahnya rusak semua akibat tersambar petir.

"Saya baru pulang dari luar kota, saat mau menyalakan televisi, eh ternyata rusak. Dan ketika dicek, dua televisi lainnya juga sama, rusak tersambar petir, " ungkap Totoh.


Ia menduga, sambaran petir yang terjadi sore itu, menyasar ke jalur listrik rumahnya. Karena kabel listrik masih tersambung ke tiga unit televisi miliknya, mengakibatkan ketiganya rusak parah.

Saat KR melakukan konfirmasi pada warga lainnya, Asep, Ia membenarkan bahwa hujan yang disertai petir pada Ahad sore, mengakibatkan banyak alat elektronik milik warga khususnya di RT 01, rusak.

"Hingga malam ini, ada informasi tujuh unit pesawat televisi milik tetangga Saya, rusak tersambar petir. Kemungiinan masih ada lagi korban lainnya, karena petirnya lumayan besar tadi, " kata Asep.

Selain televisi, dikatakannya, ada juga warga yang menyebutkan bahwa alat pemancar sinyal wifi di rumahnya juga rusak.


Terpisah, salah seorang tukang servis alat elektronik di Kelurahan Cigugur, Nur, mengaku dirinya banyak menerima panggilan untuk memperbaiki alat elektronik dari warga.

"Betul, ini Saya sedang nyervis beberapa unit televisi yang katanya rusak tersambar petir, " ujarnya.

Meski dibilang dapat orderan mendadak dan lumayan banyak, namun Ia juga mengaku kesulitan, karena spare part televisi yang rusak itu harus dibeli.

"Pusing juga, alatnya harus dibeli, dan sulit didapat. Kalau besok pagi mungkin masih bisa dicari, " keluhnya.



Selain sambaran petir, hujan deras pada Ahad (25/10) sore, juga mengakibatkan pohon tumbang di Desa Babakanreuma, Kecanatan Sindangagung.

Petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan, langsung diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi pohon yang melintang di jalan Desa Babakanreuma. Hingga Ahad malam, petugas berhasil membersihkan batang pohon tersebut dari badan jalan.  (Nars)

1 comment:

Powered by Blogger.