1st Young Koi Show Sukses Digelar, Bupati Ingin Jadi Agenda Rutin


KUNINGAN - Agenda 1st Young Koi Show 2020 yang digelar selama tiga hari di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses. Sejak Jum'at (27/11) hingga Ahad (29/11), di GOR Ewangga, sebanyak 1.539 ekor Ikan Koi berbagai ukuran bersaing untuk jadi yang terbaik dalam event yang pertama kali diselenggarakan komunitas penghobi Ikan Koi di Kabupaten Kuningan ini.

Saat menutup acara tersebut, Bupati Kuningan, Acep Purnama mengaku tertarik dan meminta agar event Young Koi Show menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan pada saat peringatan Hari Jadi Kuningan. 


“Ini agenda bagus sekali, dahulu pernah Kuningan melaksanakan event seperti ini, tapi gongnya belum besar, dan sekarang ini luar biasa, walau pertama tapi ini sukses, karena kerjasama yang baik dari panitia dan lainnya,” sebut Bupati Acep.

Bagi Acep, selain bisa menumbuhkembangkan para penghobi maupun pembudidaya yang tersebar di daerah, agenda ini bisa memacu mereka bisa lebih serius untuk budidaya ikan hias yang sedang tren ini.

“Dan saya yakin ini bisa menjadi satu komoditi yang bisa mendatangkan sumber perekonomian bagi pembudidayanya,” kata Acep. 

Ia berharap, dengan berkaca kesuksesan acara yang digelar saat ini, event serupa selanjutnya bisa dilaksanakan pada peringatan Hari Jadi Kuningan mendatang. 

“Event yang kedua nanti saat peringatan Hari Jadi Kuningan, soal tempat dan panitia nanti kita sempurnakan. Karena ditengah pandemi Covid -19 ini bisa terselenggara dengan protokol kesehatan yang baik. Apalagi nanti pandemi sudah berakhir event ini bisa menjadi yang lebih besar lagi,” ujarnya.  

Sementara, Ketua Pelaksana YKS 2020, 7D Ferdiana, mengatakan dalam agenda kontes Ikan Koi yang digelarnya mendapat dukungan komunitas pembudidaya, seller, penghobi, dari berbagai wilayah yang tersebar seluruh Indonesia.

"Dengan semangat kebersamaan, kesederhanaan dan persaudaraan berharap bisa dijadikan ajang silaturahmi antar pembudidaya, seller, penghobi Ikan Koi di seluruh penjuru tanah air sebagai barometer perkembangan kualitas Ikan Koi di Indonesia, " harapnya.

Ferdi menambahkan, tujuan Kuningan Young Koi Show ini, adalah untuk saling mengeratkan tali persaudaraan sesama pembudidaya, seller, penghobi dari berbagai penjuru tanah air, meningkatkan persatuan dan persahabatan serta sebagai ajang silaturahi antara stakeholder ikan hias koi di Indonesia.

"Hobi memelihara dan budidaya Koi semoga menjadi salah satu pilihan atau tambahan mata pencaharian dalam rangka mengurangi pengangguran terlebih kepada yang terkena dampak pandemi covid-19, " kata Ferdi.

Pihaknya ingin minat masyarakat untuk memelihara Ikan Koi bisa meningkat untuk mengejar kesetaraan dengan negara Jepang sebagai salah satu negara penghasil Ikan Koi dengan kualitas yang sangat layak diperhitungkan.

Dalam event YKS 2020 ini, panitia menerima peserta sebayak 1.539 ekor Ikan Koi berbagai ukuran, yang dimiliki perseorangan maupun komunitas klub Koi di Indonesia. 

Ferdi juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada Bupati kuningan karena disela-sela kesibukan telah menyempatkan hadir pada acara Penutupan Kuningan Young Koi Show 2020, sehingga menambah motivasi untuk terus mengembangkan budidaya Ikan Koi di Kabupaten Kuningan.


“Setidaknya dengan acara ini diharapkan para pemilik ikan Koi mengenal Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata kepada para peserta dari luar Kabupaten Kuningan. dan kedepan mereka bisa bantu mempromosikan wisata Kabupaten Kuningan kepada teman atau saudara untuk diajak berwisata ke Kabupaten Kuningan,” ujar Ferdi. 

Usai penutupan, Nampak Bupati Kuningan juga “Jatuh Cinta” membeli ikan Koi yang di jual di stand yang tersedia, cukup lama bupati untuk memilih ikan-ikan cantik jenis Koi itu.(Nars/Rilis)

No comments

Powered by Blogger.