Forwades Terbentuk, Anggotanya Diharapkan Bisa Jaga Marwah dan Bertanggungjawab dalam Menulis Berita


KUNINGAN - Sejumlah 25 orang jurnalis sepakat membentuk Forum Wartawan Desa dan Sekolah (Forwades). Bertempat di Sekretariat Forwades, Kelurahan Cigintung, Kecamatan Kuningan, pada Ahad (15/11/2020) kemarin mereka mengokohkan satu kepengurusan Forwades sebagai forum yang terbuka dan independen.

Saat ditanya wartawan KR, Ketua Forwades, Suradi, menyebutkan bahwa forum yang dibentuknya itu sudah memiliki legalitas dari Kemenkumham RI.


"Iya, Forwades telah terdaftar di Kemenhumkam dengan nomor AHU -0007782.AH.01.07 tahun 2020, " ujar Suradi.

Keanggotaan Forwades, imbuhnya, adalah para jurnalis yang memiliki kesamaan visi dari berbagai media.

Selain mengukuhkan kepengurusan, pertemuan tersebut menjadi ajang diskusi untuk membicarakan perkembangan kejurnalistikan di Kabupaten Kuningan saat ini.


"Kita harapkan kehadiran Forwades bisa mewarnai khazanah kejurnalistikan di Kuningan dan dikenal oleh masyarakat," harapnya.

Diterangkannya, dari hasil diskusi para anggota, menginginkan Forwades menjadi wadah jurnalis yang profesional dengan mengacu pada kode etik jurnalistik, jurnalis yang elegan dengan yang diterima semua kalangan.

"Bahkan para anggota lebih menginginkan selain berkutat di kegiatan kejurnalistikan, mereka juga bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat, "ungkapnya.


Ditambahkannya, Forwades adalah bukan organisasi wartawan tapi suatu forum atau perkumpulan yang memberi kebebasan kepada anggota dalam menuangkan karya jurnalistiknya dengan syarat bisa  dipertanggungjawabkan secara pribadi masing-masing.

"Sebagai Ketua Forum Saya uga menghimbau agar semua anggota bisa menjaga marwah Forwades jangan sampai tercoreng dengan tindakan yang tidak baik, " pungkasnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.