Ads Top

Hamdan Akan "Hidupkan" Lagi Karang Taruna Desa Jambar


KUNINGAN - Pemerintahan Desa Jambar, Kecamatan Nusaherang, terus meningkatkan peran generasi muda untuk menunjang keberhasilan pembangunan di desanya. Salah satunya dengan melakukan regenerasi kepengurusan Karang Taruna desa setempat untuk masa pengabdian tiga tahun kedepan.

Regenerasi kepengurusan Karang Taruna tersebut diawali dengan pemilihan pucuk pimpinannya.


Dalam agenda pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Jambar, yang digelar pada Sabtu (28/11/2020) malam di Aula Kantor Pemdes setempat, Hamdan, pemuda yang juga aktif di KNPI Kuningan, akhirnya terpilih sebagai Ketua.

Kegiatan musyawarah suksesi pucuk pimpinan Karang Taruna Desa Jambar ini dihadiri Kepala Desa, bersama jajaran Pemdes, Tokoh Masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta melibatkan beberapa pemuda perwakilan dari masing masing kampung.

Ikut "bertarung" dalam pemilihan, tiga calon yang mewakili kampungnya masing-masing. Mereka adalah Ramdhan, Hamdan , dan Yadi.

Saat pemilihan, Hamdan meraih suara terbanyak dengan 30 suara. Sedangkan peringkat kedua diraih Ramdan dengan 20 suara. Lalu, posisi ketiga ditempati oleh Yadi.

Kepala Desa Jambar, Awan Kuswandi dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan demokrasi sangat penting ditanamkan di tengah masyarakat dan khususnya pemuda.

"Kami berharap penuh kepada ketua karang taruna terpilih agar mampu menjawab problem dasar pemuda dalam era new normal, sehingga ke depannya peran pemuda dapat berperan sentral dan berkompetisi dengan kompetensi yang mereka miliki," papar Kades Awan.

Ditambahkannya, hadirnya nahkoda baru di tubuh organisasi Karang Taruna Desa Jambar, sedikit memberi angin segar bagi para pemuda untuk bisa bersama-sama membangun lembaga karang taruna ke depan dan mampu menciptakan hal hal baru yang lebih produktif.

Terpilihnya Hamdan, kata Kades, membawa harapan bagi seluruh masyarakat Desa Jambar untuk bisa menghidupkan kembali lembaga karang taruna desa yang sempat vakum selama beberapa tahun terakhir, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi ketua terpilih.

Sementara itu, Hamdan, ketua karang taruna terpilih, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayainya untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan organisasi Karang Taruna Desa Jambar. 

“Mudah-mudahan saja amanah ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga ke depan bisa bekerja sama dengan pengurus maupun anggota,” kata Hamdan dalam sambutannya.

Dirinya juga mengaku memerlukan dukungan dari semua pihak. Dia mengaku, masih butuh banyak masukan, ide maupun gagasan untuk menjalankan program karang taruna.

“Saya masih butuh masukan untuk menjalankan program karang taruna, sehingga dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat dalam pembangunan desa, " sebutnya.

Pihaknya berharap juga bisa lebih maju dan mampu bersinergi dengan Pemerintah setempat.

"Jabatan yang baru saya emban akan menjadi amanah dan tanggung jawab Saya selaku pemuda yang punya mimpi dan cita-cita besar untuk terus berkreasi, serta menata dan menyatukan semua elemen pemuda Desa Jambar  tanpa ada sekat dan ego sektoral,” pungkas Hamdan.


Dalam visi misinya, Hamdan mengambil visi Karang Taruna dalam upaya transformasi pemuda desa di era melenial.

Kemudian misinya, menjadikan pemuda Desa Jambar lebih produktif, jadi motor pengerak bidang kesejahteraan sosial, dan menjunjung tinggi pedoman dasar Karang Taruna.

Kemudian pihaknya akan menjadikan pemuda sebagai unjung tombak perubahan dan benteng pertahanan budaya lokal. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.