Kodim 0615/Kuningan Inisiasi Tanam Ribuan Bibit Pohon di Lokasi Wisata Curug Bangkong

KUNINGAN - Kodim 0615/Kuningan melaksanakan Program Pembinaan Lingkungan Hidup bertempat di Obyek Wisata Curug Bangkong, Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, pada Kamis (12/11/2020). 

Kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari berbagai komponen. Di antaranya personil TNI Kodim 0615/Kuningan, aparat Kecamatan Nusaherang, pelajar dan masyarakat umum.


Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, melalui Bati Puan Ter Kodim 0615/Kuningan, Peltu Didin Rosidin memberikan keterangan pada media, bahwa dalam program tersebut pihaknya melakukan penanaman sejumlah 3000 bibit tanaman keras dan buah-buahan.

"Sejumlah 3 ribu bibit tanaman keras dan buah-buahan ditanam di sekitar Obyek Wisata Curug Bangkong ini oleh para peserta dari berbagai elemen masyarakat, " ujar Didin didampingi Danramil 1502/Kadugede, Peltu Suherman.

Adapun jenis bibit tanaman keras yang ditanam adalah dari jenis Albasiah, Balsa, Akasia dan jenis lainnya. Sedangkan untuk jenis bibit tanaman buah-buahan dari jenis Mangga, Durian, Pete dan Jambu.

"Dalam pelaksanaan program ini kami  bekerjasama dengan Dinas LH Kabupaten Kuningan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan aparat Desa Kertawirama, " sebutnya.

Dilaksanakannya program di lokasi wisata, imbuhnya, ditujukan untuk menjaga penyerapan air dan menjaga agar lingkungan tetap hijau di lingkungan tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam (PSDA), Dinas LH Kuningan, Sri Marwiti, melalui salah seorang stafnya yang ada di lokasi, Juhana, mengaku mengapresiasi adanya kegiatan Pembinaan Lingkungan yang diinisiasi Kodim 0615/Kuningan.


"Sangat mengapresiasi, kebetulan di instansi kami juga membutuhkan dukungan program dari berbagai pihak agar tercipta lingkungan hidup yang hijau, dan lestari, " ucapnya.

Di lain tempat, Dinas LH juga memiliki berbagai program seperti Prokasih dan yang lainnya.

Sementara itu, Camat Nusaherang, Syarifudinsyah, diamini Kepala Desa Kertawirama, Dani Siswanto mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0615/Kuningan yang telah memfasilitasi desanya dalam melakukan penanaman pohon. 


“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Desa Kertawirama. Semoga bisa menjadi motivasi warga di sini dalam melestarikan lingkungan hidup. Kami juga berharap penghijauan akan terus berjalan. Karena hal tersebut bisa mencegah terjadinya bencana,” tambahnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.