Butuh Ikan Hias? Datang ke Pasar Induk Ikan Hias Dekat Waduk Darma



KUNINGAN - Geliat ikan hias di Kabupaten Kuningan terus menunjukan peningkatan. Sejalan dengan peningkatan trend ikan hias tersebut, para pemuda Desa Bakom, Kecamatan Darma, yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tunas Harapan, berinovasi mendirikan lokasi penjualan ikan hias terbesar di Kabupaten Kuningan. Sentra penjualan ikan hias itu bernama Pasar Induk Ikan Hias, yang berlokasi di Jalan Lingkar Desa Bakom, tak jauh dari Obyek Wisata Waduk Darma Kuningan.


Pembukaan beroperasinya Pasar Induk Ikan Hias Kuningan dilakukan secara simbolik oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, pada Sabtu (12/12/2020). Didampingi, Anggota DPRD Kuningan, Fraksi Gerindra Bintang, Deki Z Mutaqin, Kadis Peternakan dan Perikanan, Bunbun Budhiyasa, Ketua Pokdakan Tunas Harapan, Nevo, dan Kabid Perikanan, Denny Rianto, Acep menggunting pita tanda resminya pasar beroperasi.

Usai meresmikan, Acep bersama rombongan melihat satu per satu lapak penjualan ikan hias. Beragam jenis ikan hias dipajangkan di pasar induk ini. Mulai dari ikan cupang, koi, lemon, manfish, arwana dan beragam jenis ikan lainnya ada disini.

Ketua Pokdakan Tunas Harapan, Nevo menjelaskan, bahwa ide pendirian Pasar Induk Ikan Hias bermula dari kesamaan hobi para pemuda setempat dalam hal mengoleksi dan membudidayakan berbagai jenis ikan hias.


"Maka guna mendongkrak perekonomian warga Kuningan khususnya di desa kami, kita berinisiatif mendorong pemerintah daerah untuk membuka Pasar Induk ini, " ujar Nevo.

Selain mendukung geliat penjualan ikan hias, dibukanya Pasar Induk tersebut juga diharapkan bisa menjadi ikon pusat oleh-oleh ikan khas Waduk Darma, karena lokasinya tak jauh dari OW Waduk Darma.


Sejalan dengan Nevo, Bupati Acep mengiyakan bahwa peresmian Pasar induk ikan hias tersebut diharapkan bisa menambah warna baru untuk khazanah perikanan di Kuningan.

"Meski sudah banyak toko atau yang menjual ikan hias tapi disini lebih kepada motivasi budidaya. Ini menambah warna baru di Kuningan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat," sebut Acep.

Selain Pasar Induk Ikan Hias, di wilayah Kuningan juga sudah dibangun sebanyak 5 pasar ikan konsumsi. Pihaknya juga akan terus mengejar ketersediaan ikan konsumsi, agar kebutuhan ikan di Kuningan, yang selama ini belum terpenuhi bisa tercapai. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.