Ads Top

Dipastikan HOAX! Pesan Berantai Voucher Karnaval Tahun Baru Alfamart

KUNINGAN - Warga diminta waspada karena beberapa hari terakhir ini beredar pesan berantai atau broadcast terkait Voucher Karnaval Tahun Baru Alfamart.

Didapatkan informasi bahwa menurut manajemen minimarket waralaba ternama di Indonesia ini, pesan berantai tersebut dipastikan HOAX atau palsu.



Dilansir tribunsumsel.com, disebutkan bahwa pihak manajemen Alfamart meminta kepada masyarakat yang menerima pesan berantai melalui media Whatsapp dan media sosial lainnya tersebut untuk tidak mudah mempercayainya.

"Pesan tersebut tidak resmi dari Alfamart, untuk itu masyarakat yang menerimanya tidak perlu dihiraukan," kata Nur Rachman, Coorporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, seperti dilansir tribun pada Sabtu (26/12/2020).

Tautan Link yang disebarkan secara berantai tersebut dipastikannya, palsu dan dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk diketahui, pesan berupa link website dengan alamat http://alfamartkupons.gifts945.com/?c=tahunbaru tersebut, jika dibuka akan terdapat survey kepada konsumen yang seolah-olah dibuat oleh pihak Alfamart untuk karnaval tahun baru. Dalam laman tersebut, netizen akan diiming-iming dengan imbalan hadiah voucher untuk konsumen yang telah mengikuti survey.

"Pelaku sengaja memanfaatkan momen tahunbaru untuk melakukan perbuatan yang bisamerugikan konsumen. Akibat yang ditimbulkan seperti pencurian data pribadi yang digunakan untuk kepentingan pihak tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu pula," ujar Nur Rachman.

Ia meminta agar masyarakat tidak lantas ingin memiliki hadiah yang disebutkan dalam broadcast link tersebut.

Nur menilai pihak yang telah membuat dan menyebarkan link website tersebut cukup pandai mengelabui masyarakat. Mereka membuat seolah halaman web tersebut asli dibuat pihak Alfamart dengan menggunakan ikon dan warna khas waralaba ini.

Tapi, jika dilihat lebih lanjut, ternyata link yang dibagikan tersebut terlihat tidak lazim, meski di dalam deskripsinya terdapat alamat asli web alfamart.

"Kalau tidak cermat, masyarakat akan mengira itu resmi dibuat oleh Alfamart, namun yang paling mudah menandainya adalah dengan cara melalui nama alamat web/link yang tidak lazim," ujarnya.



Untuk lebih jelas, jika masyarakat ingin memastikan kebenaran broadcast tersebut, pihak Alfamart mempersilakan untuk membuka website resmi alfamart.co.id dan sosial media facebook.com/alfamartku, instagram.com/alfamart dan twitter.com/alfamart serta call center 1500 959. (Nars/sumber:tribunsumsel.com)

Diberdayakan oleh Blogger.