Ads Top

KUNINGAN - Longsoran tebing di pinggir Jalan Raya Desa Padahurip - Selajambe kembali terjadi pada Senin (28/12/2020) sore. Titik terjadinya longsoran adalah lokasi yang pada Selasa (15/12) lalu juga sempat mengalami longsor.

Longsoran tebing kedua kalinya pada bulan ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi pada Senin siang hingga sore hari.



Dalam video berdurasi 30 detik yang diunggah pada Senin sore di Grup percakapan Whatsapp Balakar Kuningan, nampak terjadinya longsor lebih besar dari kejadian dua pekan lalu.

"Terjadi longsor lagi, di lokasi longsor yang kemarin, longsor.. Parah longsornya, parah," ujar seseorang yang ada dalam video tersebut.

Terpisah, Kepala Desa Padahurip, Karyono, saat dikonfirmasi KR membenarkan bahwa kejadian longsor pada Senin sore tadi besar dari longsoran yang dua pekan lalu terjadi di titik yang sama.

"Iya, volumenya lebih besar dari longsoran yang sebelumnya terjadi. Jalur menuju Dusun Cipicung, Padahurip, Selajambe tertutup lagi oleh material longsoran sehingga tidak bisa dilalui warga, " paparnya melalui sambungan seluler.

Sementara, Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, dalam keterangannya menyebutkan bahwa setelah mendapat laporan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian.

"Untuk pembersihan akan dilakukan besok pagi, akan dilakukan koordinasi dengan aparat desa setempat, " ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa jika pembersihan material longsoran dilakukan malam hari, selain cuaca masih turun hujan, dikhawatirkan ada longsoran susulan, juga kondisinya gelap.

Terpisah, Kabid Binamarga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, menambahkan keterangan pada KR, bahwa pada Senin (28/12) terjadi dua lokasi longsoran.



Selain titik di Desa Padahurip menuju Dusun Cipicung, longsoran lain juga terjadi di ruas jalan di jalur Desa Cipasung menuju Subang.

"Untuk ruas Cipasung-Subang di titik Desa Padahurip, sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. Tadi warga bergotong-royong membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan, " terangnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.