Longsor Tebing di Desa Padahurip, Hujan Masih Berlangsung, Waspada Longsoran Susulan


KUNINGAN - Hujan deras yang terjadi selama 3 jam pada Selasa (15/12/2020) sore  mengakibatkan terjadinya tebing longsor dan tumbangnya dua batang pohon di sekitar Jalan Raya Desa Padahurip – Selajambe tepatnya di Blok Jahura Kebon Kopi RT 06 RW 02 Desa Padahurip Kecamatan Selajambe.

Akibat longsornya tebing setinggi 15 meter  tersebut disebutkan bahwa akses Jalan Raya Desa Padahurip - Selajambe tak bisa dilalui kendaraan dan ditutup untuk sementara waktu.



Camat Selajambe, Agus Sumedi, dalam keterangannya pada Selasa sore menyebutkan bahwa akibat longsor tersebut mengakibatkan material tanah longsor bercampur dengan pepohonan yang ada di lokasi menimbun dan menutupi badan jalan sepanjang 100 meter dengan tinggi timbunan 1,5 meter.

"Untuk sementara akses jalan Padahurip-Selajambe tertutup total. Perlu dilakukan pembersihan material longsor dengan menggunakan alat berat, " terang Agus.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, saat dikonfirmasi KR mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih berada di lokasi untuk melakukan asessment dan pembersihan material longsoran bersama masyarakat.


"Untuk sementara waktu, bersama aparat kecamatan dan desa beserta masyarakat setempat sudah dilakukan pemasangan Police Line sebagai penanganan sementara waktu agar masyarakat tidak memaksakan diri melewati material longsor, " ujarnya.

Pihaknya masih terus berupaya untuk membersihkan material longsor tersebut. Sehingga jalur Padahurip-Selajambe bisa segera dilalui masyarakat.



Dalam kejadian tersebut, dilaporkan juga, tidak ada korban jiwa.

"Jalan ke arah Desa Padahurip belum bisa dilewati. Hujan masih turun intesitas sedang. Untuk penanganan diberhentikan sementara, khawatir potensi longsor susulan. Tim BPBD masih berada di lokasi, "tukas Indra, Selasa malam.

 (Nars)

No comments

Powered by Blogger.