Pelaksanaan Gerbang Simas di Desa Pagundan Disambut Baik Warga

KUNINGAN - Pemerintah Desa Pagundan, Kecamatan Lebakwangi, bersama BPD, LPM dan warga Dusun Wage desa setempat bahu membahu mengerjakan Peningkatan Jalan Lingkungan. Ratusan warga, pada Jum'at (18/12/2020) ramai-ramai menyumbangkan tenaga dan dukungan lain guna terselesaikannya jalan rabat beton sepanjang 220 meter dengan lebar 2 meter tersebut.

Terpantau, dengan penuh rasa kekeluargaan, warga mengerjakan pengecoran jalan tersebut sesuai kemampuannya masing-masing. Ada yang menjadi operator mesin molen, pengangkut pasir, batu, pemasang kayu penahan coran, pengangkut adukan, bagian konsumsi dan lainnya.


Kepala Desa Pagundan, Dadan Danu, saat ditemui di lokasi mengatakan bahwa, pengerjaan jalan lingkungan dengan rabat beton tersebut mendapat stinulan dari Program Gerakan Pembangunan Infrastruktur Bersama Masyarakat (Gerbang Simas) dari Pemkab Kuningan melalui Dinas PUTR. 

"Bantuan dari Gerbang Simas melalui Dinas  PUTR tersebut berupa Semen 180 zak, Pasir 6 dump truk dan Batu Split secukupnya. Atas nama masyarakat, Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kuningan yang telah membantu demi terwujudnya peningkatan kualitas jalan lingkungan ini, " ungkap Dadan. 


Pihaknya berharap dengan telah direalisasikannya pembangunan jalan bersama masyarakat itu, ke depan Desa Pagundan akan lebih baik lagi dan akan mendapat bantuan lainnya untuk program lainnya.

"Terutama inti dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan semangat gotong-royong antara pemerintah bersama masyarakat. Alhamdulillah mulai dari kekurangan material, tenaga kerja, makan minum dan sebagainya, swadaya masyarakat sangat membantu sekali, " ucapnya.

Pembangunan jalan rabat beton itu, kata Dadan, ditujukan untuk aksesibilitas masyarakat termasuk peningkatan perekonomian warga. Manfaatnya, mulai dari fungsi jalan usaha tani untuk akses keluar masuk petani membawa komoditi dan pupuk pertanian dan akses menuju kompleks sekolah/pesantren serta permakaman umum.

Videonya klik di bawah ini:


Di tempat sama, Ketua BPD Pagundan, H Suhendi didampingi pengurus LPM dan pendamping desa, sangat mengapresiasi upaya Pemdes Pagundan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di desanya.

"Kami salut, terobosan-terobosan Pak Kades dalam membangun desa sangat dirasakan oleh warga. Untuk itu kami atas nama perwakilan warga sangat menyambut baik dan mendorong upaya Pemdes dalam membangun Pagundan jadi lebih maju ke depan," ujar H Suhendi.

Bicara tentang kekompakan warga desa, Ketua BPD Pagundan menyebutkan hal itu tidak diragukan lagi. Pihaknya menunjukkan dari pengerjaan jalan rabat beton hari ini, ratusan warga berebut ingin terlibat.

Terpantau, pengerjaan pengecoran jalan rabat beton tersebut, dengan kekompakan warga bisa diselesaikan dalam waktu singkat. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.