Pemahaman Kaum Milenial pada Empat Pilar Kebangsaan Masih On The Track


KUNINGAN - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan XIII (Dapil XIII) Partai Gerindra, Tina Wiryawati menyebutkan bahwa pemahaman anak muda Indonesia saat ini pada Empat Pilar Kebangsaan masih normal (On The Track). 

Hal itu dikatakannya, usai mengisi acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, dalam rangkaian acara Citra Bhakti/ Parelemen dalam Sketsa Kebangsaan 'Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan', di Desa Partawawangunan, Kecanatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, pada Selasa (01/12/2020).

"Pemahaman mereka mengenai empat pilar Saya nilai masih on the track ya. Meskipun terlihat tidak merata, akan tetapi tadi dari beberapa orang yang aktif memberikan tanggapan saat sosialisasi, Saya anggap sudah banyak yang memahami, " ungkap Tina.

Bicara sasaran sosialisasi yang dilakukannya pada kaum milenial, Tina menuturkan bahwa di usia muda, masyarakat rentan dari pengaruh negatif yang disebar di berbagai media yang bisa melunturkan semangat berbangsa dan bernegara.

"Untuk terus memupuk semangat itu, maka kegiatan sosialisasi empat pilar ini sebaiknya rutin dilakukan, terutama pada sasaran kaum milenial. Harapannya, mereka dapat memahami dan betapa pentingnya empat pilar dalam hidup berbangsa dan bernegara," paparnya.

Melalui metode diskusi, yang dilakukan Tina saat sosialisasi, dikatakannya, para peserta lebih terlihat aktif dan suasana pertemuan jadi hidup. Peserta dipersilakan menyampaikan pemahamannya mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI dalam aplikasinya pada kehidupan sehari-hari.



"Saya berharap, agar mereka menjalankan dan menerapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Meskipun belum merata kan kalau kita tidak pancing, mereka belum berani secara serentak untuk mengungkapkan aspirasi atau pendapatnya," ujarnya. 

Sementara, Pejabat Muspika Kalimanggis yang ikut hadir dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi berlangsungnya kegiatan. Salah seorang aparat TNI dari Koramil 1508/Cidahu, yang hadir saat sosialisasi juga ikut aktif memberi penjelasan pada peserta.

Ia menjelaskan satu per satu arti dan maksud dari sila-sila Pancasila serta penjelasan empat pilar kebangsaan yang lainnya.

Di lokasi sama, Kepala Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis, Nana Rukmana mengapresiasi atas kegiatan empat pilar yang dilakukan oleh Anggota DPRD Provinsi. Ia menilai, dengan adanya sosialisasi yang baru pertama kali digelar di desanya itu, bisa meningkatkan pemahaman kaum muda desanya mengenai empat pilar kebangsaan.

Kepada media, Camat Kalimanggis, Yono Rahmansyah, ikut menambahkan bahwa pemahaman empat pilar tidak hanya didapat di bangku sekolah, maupun perkuliahan, namun dari kegiatan lain di luar sekolah.

"Apalagi perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini, jika tidak diarahkan, kaum muda bisa terlena pada imbas negatif teknologi itu sendiri. Selain pemahaman empat pilar ini, mereka bisa dibimbing memilih ekonomi kreatif yang saat ini sedang trend di dunia maya, " ucapnya.(Nars)



No comments

Powered by Blogger.