Ads Top

Satu Rumah di Blok Bengkok Desa Cihanjaro Terendam Air Luapan Sungai Cileuya

KUNINGAN - Malang bagi Kartinah (58 tahun), warga Blok Bengkok, Dusun Cihanjaro RT 03/01 Desa Cihanjaro, Kecamatan Karangkancana. Pasalnya, rumah yang ditinggalinya seorang diri itu, harus terendam air saat banjir menerjang pada Selasa (29/12/2020).

Banjir terjadi akibat hujan yang cukup deras selama 3 jam pada Selasa sore, sekira pukul 15:30 WIB.



"Iya hujan dalam waktu tiga jam ini menyebabkan aliran Sungai Cileuya meluap dan merendam rumah Ibu Kartinah yang hanya dihuni seorang diri di Blok Bengkok Rt 03/01 Desa Cihanjaro, " terang Yudi, petugas Satpol PP Kecamatan Karangkancana yang juga sebagai petugas Tagana ini.

Ditambahkannya, usai air agak surut, sat ini masyarakat sedang ikut membantu membersihkan rumah Ibu Kartinah dari lumpur dan membereskan barang-barang yang dikotori air genangan.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Warga masih berjaga-jaga, takut ada luapan air kembali, " ujarnya.

Terpisah, Danramil 1505/Ciwaru, Kapten Inf Fajar Dwiyanto, melalui anggota Koramil 1505/Ciwaru, Serda Yayat, saat dimintai keterangan menyampaikan bahwa kondisi di Blok Bengkok tersebut memang seringkali terjadi genangan air bilamana hujan deras turun.

"Genangan air yang terjadi sore ini sekira 30-40 cm akibat luapan Sungai Cileuya. Hanya satu rumah yang tergenang, " kata Serda Yayat.



Sebagai tindakan penanganan sementara pihak Koramil 1505/Ciwaru sudah berkoordinasi dengan perangkat desa, Polsek Ciwaru dan Pemerintah Kecamatan Karangkancana untuk sementara waktu mengungsikan Ibu Kartinah ke rumah saudaranya.

"Warga pun membantu mengemasi barang-barang yang sekiranya bisa diamankan ke lokasi yang berbeda," ungkapnya.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.