Youtube dan Blogger tak Bisa Diakses Selama 1,5 Jam, Tagar #YoutubeDown jadi Trending di Twitter


KUNINGAN - Situs web berbagi video, Youtube, pada Senin (14/12/2020) petang sekira pukul 18:30 WIB mengalami down. Akibatnya netizen yang mencoba mengakses laman web atau aplikasi youtube tidak bisa membukanya. Malahan di media sosial Twitter, tagar #YoutubeDown menjadi trending topik dengan lebih dari 6 ribuan tweeps.

Selain Youtube, ternyata turunan Google lainnya, seperti Blogger dan Gmail, juga mengalami hal yang sama.



Salah seorang youtuber creator Kuningan, Erik Abang Pratama, melalui unggahan statusnya di media percakapan grup Whatsapp menyebutkan bahwa pada Senin petang aplikasi / laman Youtube tidak bisa diakses.

"Saat dibuka muncul tulisan Ada masalah dengan server (503). Kemudian kita disuruh coba lagi. Namun tetap saja tidak bisa diakses, " ujarnya.

Sebelumnya, saat Kanal Youtube Kuningan Religi mengunggah video pada pukul 18:00 WIB, laman tersebut masih terlihat normal.



Terpantau KR, hingga pukul 19:18 WIB, laman web dan aplikasi Youtube tetap belum bisa diakses.

Update terakhir, pada pukul 19:30 WIB, laman Youtube akhirnya bisa diakses kembali secara normal.

Terpisah menurut situs downdetector.id, seperti dilansir cnbcindonesia.com menyatakan jika laporan terbanyak terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Jumlah laporannya sebanyak 955.



Masalah terbanyak dilaporkan berasal dari website, log in akun, serta menonton video.

Masalah Youtube ini menjadi yang kedua kalinya dalam bulan ini. Downdetector.id mencatat sebelumnya masalah yang sama juga pernah terjadi pada 10 Desember lalu. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.