Ads Top

Ruas Purwasari-Ciniru Bisa Dilewati, Pengguna Jalan Diminta Waspada dan Hati-Hati

KUNINGAN - Upaya evakuasi material longsoran di ruas Jalan Purwasari - Ciniru, tepatnya di Blok Dangdeur Desa Pakembangan, Kecamatan Garawangi, untuk sementara waktu dihentikan, karena kondisi hujan dengan intensitas sedang di lokasi tersebut.

Namun begitu, upaya gotong royong pembersihan badan jalan dari tanah yang terbawa longsoran tebing itu telah berhasil membuka jalur tersebut bisa kembali dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.



"Ya setelah material longsoran berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan. Kita dari Damkar ikut membersihkan sisa tanah yang masih menempel di aspal, karena jika dibiarkan bisa membuat permukaan jalan licin, " kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, Selasa (05/01/2021) sore.

Upaya penyemprotan jalan dari tanah, dilakukan petugas Damkar selama dua jam setengah. Proses ini dihentikan karena cuaca hujan, dan dikatakannya, akan dilanjutkan kembali pada Rabu (06/01) besok.

"Meski sudah bisa dilalui kendaraan, Kami himbau agar masyarakat yang akan menggunakan jalur ini tetap berhati-hati karena kondisi jalan yang masih licin," ujarnya.

Ia menambahkan petugas gabungan yang ikut melaksanakan evakuasi material longsoran terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPUTR) Kabupaten Kuningan, dengan menurunkan 2 unit kendaraan alat berat (1 backhoe), 10 orang pekerja, dan 2 orang pengawas lapangan, yang disaksikan langsung oleh Kasi Pemeliharaan Jalan, Dinas PUTR, Budi Heryadi.

"Sementara dari UPT Damkar kita menurunkan 5 orang personil dan 1 unit Randis Damkar dengan kapasitas air sebanyak 9.000 liter," sebutnya.

Kemudian petugas lain yang terlibat adalah 2 orang anggota BPBD Kuningan, dengan 1 Randis untuk proses Asessment, 4 anggota Polsek Garawangi, 4 anggota Koramil Garawangi, Pemerintahan desa setempat dan warga masyarakat lainnya.

"Apabila terjadi longsor atau bencana lainnya segera melaporkan kepada satgas pemerintahan desa setempat, untuk disampaikan kepada BPBD Kuningan dan atau UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kuningan, " pungkas Khadafi. 



Terpantau, dalam proses evakuasi material longsoran tersebut, sempat dimonitoring langsung oleh Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, pada Selasa siang.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.