Warga Kerja Bakti Bersama Anggota TNI di Dua Rumah Terdampak Bencana

KUNINGAN - Anggota TNI Kodim 0615/Kuningan, selalu tampil di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan uluran tangan. Setiap ada kegiatan gotong-royong di lingkungan warga, para Pembina Desa (Babinsa) di tiap Koramil, terlihat ambil bagian dalam pekerjaan yang dilakukan.

Pada Rabu (13/01/2021), terpantau di dua lokasi, Babinsa tampil membantu warga yang mengalami musibah bencana di lingkungannya. Mereka adalah Babinsa Desa  Pamulihan dan Desa /Kecamatan Cipicung, Serda Tatang Epredi dan Danramil serta anggota Koramil 1504/Subang.



Babinsa Desa  Pamulihan dan Desa/Kecamatan Cipicung, Serda Tatang, nampak ambil bagian dalam giat karya bakti bersama warga Desa Pamulihan di Dusun Puhun RT 4 RW 2, Desa Pamulihan. Ia membantu warga membersihkan puing tembok rumah yang ambruk milik Yayat Jaenudin.

"Iya kemarin turun hujan deras dan tembok rumah Pak Yayat ambruk akibat tanah penahan pondasi tembok terkikis setelah diguyur hujan, " terangnya pada kuninganreligi.com.

Diterangkannya, kibat tembok rumah yang ambruk tersebut ada puing reruntuhan yang menutup jalan. 

"Agar tidak mengganggu lalu lintas pengendara, Kami segera membantu warga untuk mengangkut batu dan tanah yang turun hingga ke jalan, " ujarnya.

Di tempat terpisah, Danramil dan anggota Koramil 1504/Subang, juga ikut serta membantu warga membersihkan menanggulangi dampak tanah longsor di Dusun Cikembang, RT 3 RW 1, Desa Bangunjaya, Kecamatan Subang, pada Rabu siang.

Danramil 1504/Subang, Kapten Inf Ibnu Sahid, menyebutkan lokasi yang terdampak tersebut adalah rumah milik Sakri, warga setempat. "Diketahui tembok pagar rumahnya ambruk saat hujan deras pada Selasa (12/01) kemarin," kata Kapten Ibnu Sahid.

Kejadian yang sama dengan lokasi sebelumnya, karena hujan deras, tanah yang menahan tembok terkikis oleh air hujan. Akibatnya tembok batu rubuh ke arah jalan.

" Kami, 4 anggota Koramil 1504/Subang bersama 5 perangkat desa, 4 anggota BPD dan LPM, serta 42 warga hari ini bahu membahu membersihkan tanah dan bebatuan sisa runtuhan," jelasnya.

Dengan gotong royong dan kekompakan warga, akhirnya reruntuhan longsoran dan saluran air yang tersumbat bisa dibersihkan dalam waktu singkat.


Terpisah, Sakri, yang rumahnya mengalami musibah, mengaku sangat terbantu dengan digiatkannya kerja bakti tersebut.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu. Khususnya pada pihak Koramil 1504/Subang, pihak Desa Bangunjaya, BPD, LPM, serta masyarakat yang sudah mau meluangkan waktunya untuk membersihkan reruntuhan ini," ucap Sakri. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.