Hari Jum'at, Kenapa Sering Disebut Hari Istimewa (Berkah)?

KUNINGAN - Jika kita bertemu dengan Hari Jum'at, bagi Ummat Islam sering mendengar kata-kata "Jum'at Berkah", "Jum'at Mubarak" dan lainnya. Banyak Muslim yang menghormati kedatangan Hai Jum'at. Ada mereka yang mengisi Hari Jum'at dengan memperbanyak dzikir, sholawat dan bacaan Surat tertentu dalam Al Qur'an, seperti Surat Al Kahfi, Surat Yaasiin, Surat Ar Rahman dan lainnya.

Padahal jika kita tahu, menurut ajaran Islam, semua hari adalah sama, baik. Akan tetapi Hari Jum'at, disebutkan dalam beberapa keterangan dari alim Ulama, memiliki kemuliaan dan keutamaan tersendiri berdasarkan historisnya.



Hari Jum'at merupakan hari keenam dalam satu pekan menurut Kalender Hijriyah. Selain adalah waktu untuk melaksanakan Sholat Jum'at bagi kaum Muslim laki-laki, berikut beberapa keistimewaan yang dimiliki Hari Jum'at, seperti yang dilansir dari kabarmakkah.com:

1. Hari Jum'at Sebaik-baiknya Hari

Dalam keterangan salah satu Hadits Nabi Muhammad SAW, menyebutkan bahwa Hari Jum'at merupakan sebaik-baiknya hari.

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW, Beliau bersabda: " Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah Hari Jum'at, (karena) pada hari ini, Adam AS diciptakan, hari ini pula Adam AS dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya. Dan tidaklah akan datang Hari Kiamat kecuali pada Hari Jum'at," (HR. Muslim).

2. Pada Hari Jum'at terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa

Masih menurut keterangan Hadits, Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda, " Sesungguhnya di Hari Jum'at terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang Muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah SWT pada waktu itu, niscaya Allah SWT akan mengabulkannya. Rasulullah SAW mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu." (HR Mttafaq 'Alaih)

Dalam keterangan ulama, bahwa waktu yang mustajab tersebut ada beberapa versi, di antaranya adalah pada saat khatib duduk setelah khutbah pertama (di antara dua khutbah), kedua setelah waktu Sholat Ashar.

3. Hari Jum'at waktu untuk memperbanyak Shodaqoh

Menurut Ulama Ibnu Qayyim, bahwa: Sedekah pada Hari Jum'at dibandingkan dengan sedekah enam hari lainnya, ibarat sedekah pada Bulan Raadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

4. Hari Diturunkannya Ampunan

Menurut keterangan Ulama Salman Al Farisi, berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa yang mandi pada Hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfu, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at" (HR Bukhari).

5. Berjalan untuk Sholat Jum'at pun jadi pahala

Rasulullah SAW bersabda:"Siapa yang mandi pada Hari Jum'at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama 1 tahun dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah SWT." (HR Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan Shahih oleh Ibnu Khuzaimah).

6. Hari Jum'at disebut sebagai hari tatkala Allah SWT menampakkan Diri pada hambaNya yang beriman di Surga

Shahabat Nabi SAW, Anas bin Malik ketika mengomentari ayat : "- Dan Kami memiliki pertambahannya- " (QS 50:35), mengatakan: " Allah SWT menampakkan Diri pada mereka setiap Hari Jum'at." wallahu alam.

7. Hari Jum'at merupakan Hari Besar Islam yang berulang setiap pekannya

Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Hari ini adalah hari besar yang Allah SWT tetapkan bagi Ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri Sholat Jum'at, hendaklah mandi terlebih dahulu," (HR Ibnu Majah).

8. Orang Islam yang meninggal pada malam atau Hari Jum'at Insya Allah Husnul Khatimah

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah SAW bersabda: " Setiap Muslim yang mati pada siang Hari Jum'at atau malamnya, niscaya Allah SWT akan menyelamatkannya dari fitnah kubur," (HR Ahmad dan Tirmidzi).

9. Ada beberapa peristiwa penting di Hari Jum'at sehingga disebut Hari Paling Afdhal.

- Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS dan mewafatkannya



- Hari Nabi Adam AS dimasukkan ke dalam Surga

- Hari Nabi Adam diturunkan dari Surga menuju bumi.

- Dikatakan dalam beberapa keterangan bahwa Hari Kiamat terjadi pada Hari Jum'at

Demikian ulasan singkat seputar Hari Jum'at yang bisa disampaikan kuninganreligi.com, semoga bermanfaat. Wallahu 'Alam. (Nars/dari berbagai sumber)

No comments

Powered by Blogger.