Ads Top

Inilah 10 Tempat Paling Sering DIkunjungi di Kuningan Jawa Barat Direkomendasikan Google Travel - Part #1

KUNINGAN - Keindahan alam Kabupaten Kuningan menjadi andalan bagi sektor pariwisata di wilayah tersebut. Selain keindahan alamnya, daya dukung keberadaan Gunung Ciremai (3.078 mdpl) juga memberikan suasana sejuk dan hawa yang nyaman untuk menghabiskan waktu liburan di Kuningan.

Berdasarkan sorotan dari laman pencarian Google Travel (google.com/travel/things-to-do/), berikut urutan 10 besar tempat/lokasi wisata yang paling sering dikunjungi warga untuk berwisata di sekitar wilayah Kabupaten Kuningan:


1. Obyek Wisata Cibulan (Nilai Google 8.226)

   Sebagai obyek wisata yang pernah meraih Juara Sapta Pesona, obyek wisata Cibulan Kabupaten Kuningan, yang berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana ini memang selalu jadi primadona kunjungan wisatawan di masa liburan.

Obyek wisata Cibulan memiliki banyak wahana seiring pengembangan yang dilakukan oleh pengelolanya.

Di antara wahana yang bisa dinikmati di obyek wisata Cibulan adalah kolam renang dewasa dan anak, daya tarik Ikan Dewa, wisata religi Sumur Tujuh, Sepeda Air, Terapi Ikan, lokasi olahraga memanah, flying fox dan sepeda gantung, dan wahana bermain anak.

Selain itu di lokasi obyek wisata Cibulan ini terdapat berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, seperti kamar mandi, tempat bilas, warung makan dan kios makanan, sewa alat renang, dan lain-lain.

Lokasi obyek wisata Cibulan buka setiap hari mulai pukul 08:00 - 18:00 WIB. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 18 ribu hingga Rp 25 ribu.

2. Sangkan Resort Aqua Park (Nilai Google 3.910)


Mengusung tema rekreasi permainan air untuk keluarga, Sangkan Resort Aqua Park, tergolong sebagai obyek wisata air/kolam renang terbesar di Kabupaten Kuningan, bahkan di wilayah Ciayumajakuning.

Meski harga tiket masuk tergolong agak mahal (Rp 50 ribu - Rp 75 ribu/orang) namun harga tersebut terbayar lunas dengan kepuasan yang diperoleh dari beragam wahana yang disediakan dengan fasilitas wah.

Namun dari beberapa promosi pihak pengelola, saat ini Sangkan Resort Aqua Park mempunyai beberapa program penawaran potongan harga baik untuk tiket waterpark maupun untuk hotelnya. Silakan pembaca bisa mencari informasi terkini dari pihak pengelona yang dipublikasikan di berbagai media.

Obyek wisata yang berlokasi di Jalan Raya Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus ini mengusung konsep wisata terintegrasi mulai outbound, hotel, caffee and resto dan ditambah lokasi baru yakni mini zoo.

Sangkan Resort Aqua Park ini dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 18:00 WIB.

Adapun wahana dan fasilitas yang disediakan di lokasi water park adalah penyewaan ban (harga di luar tiket masuk), Raft Slider (dewasa dan anak), kolam ombak, octopus slide, kolam arus, dan kiddy pool.

3. Gedung Perundingan Linggajati (Nilai Google 3.495)


Menurut laman wikipedia.org, Gedung Perundingan Linggajati, terletak di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, merupakan tempat diadakannya perundingan antara Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda pasca perang kemerdekaan.

Gedung Perundingan Linggajati merupakan saksi sejarah tempat dilaksanakannya Perundingan Linggajati pada bulan November 1946. Karena tidak memungkinkan perundingan dilakukan di Jakarta maupun di Yogyakarta (ibu kota sementara RI), maka diambil jalan tengah jika perjanjian diadakan di Linggajati, Kuningan.

Sebagai lokasi wisata sejarah, Gedung Naskah Perundingan Linggajati ini menjadi tujuan pengunjung, terutama bagi warga atau pelajar yang ingin mengetahui lebih dalam terkait sejarah perjuangan bangsa.

Lokasi gedung naskah ini bisa diakses dari wilayah Cirebon (sekira 27 km) dan dari Kabupaten Kuningan (15 km).

Di masa pandemi ini, lokasi wisata sejarah Gedung Naskah Linggajati memang sepi dari pengunjung. Hal ini karena kebijakan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk melakukan pembatasan pengunjung dan adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh (daring) untuk siswa sekolah.

Harga tiket masuk ke Gedung Naskah ini cukup murah, yakni kisaran Rp 5 ribu/ orang. 

4. Sukageuri View (Nilai Google 3.173)


Obyek wisata Sukageuri View, menjadi salah satu lokasi yang direkomendasikan laman pencarian Google, karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah di kaki Gunung Ciremai. Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbit yang indah. 

Selain itu, dengan tiket masuk seharga Rp 15 ribu/orang (belum harga tiket parkir, mobil Rp 5 ribu dan motor Rp 2 ribu) pengunjung bisa bebas menjelajahi lokasi yang kaya akan  spot foto instagenic baik untuk swafoto maupun untuk berfoto bareng rekan dan keluarga.

Lokasi ini cocok untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan bekerja sepekan.

Di lokasi ini terdapat juga lokasi kongkow dan ngopi asyik bersama pengunjung lainnya, namanya Ragakopi. Dengan menu makanan ringan dan aneka kopi buatan barista yang berpengalaman, pengunjung dijamin bisa betah berjam-jam duduk di sini.

Tapi, kami sarankan jika anda berkunjung menjelang sore hari, agar  membawa jaket, karena lokasi ini memiliki suhu yang cukup dingin.

5. Curug Putri Palutungan (Nilai Google 2.661)

Curug Putri Palutungan merupakan salah satu spot yang terdapat di areal wisata hutan alam Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. 

Lokasi ini bisa dibilang sebagai pelopor wisata alam di sekitar Dusun Palutungan. Konon, bentuk air terjun/curug ini memang sesuai namanya yakni mirip seorang puteri dengan gaun putih yang dikenakannya.

Selain menawarkan keindahan alam hutan Pohon Pinus dan Air Terjun indah, bernama Curug Putri, lokasi obyek wisata ini juga memiliki wahana outbound, camp ground dan flying fox.

Lokasi wisata Curug Putri Palutungan ini buka tiap hari dengan harga tiket berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 17.500, dengan jam operasional dari pukul 08:00 - 17:30 WIB.

Selain lokasi parkir untuk kendaraan roda dua dan empat yang luas, di tempat ini terdapat beragam fasilitas seperti kios-kios makanan dan oleh-oleh khas Kuningan, toilet, musholla, dan saung-saung untuk bercengkerama. (Nars/bersambung..)

Diberdayakan oleh Blogger.