Kembalikan Marwah BPD, PABPDSI Kuningan Gelar Pelantikan Pengurus dan Rakerda

KUNINGAN - Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Kuningan melaksanakan Pelantikan Kepengurusan Periode 2020-2026, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Launching Sekolah Desa Terpadu Indonesia, pada Rabu (24/02/2021) di Aula Hotel Prima Resort, Jalan Raya Panawuan, Kecamatan Cilimus, Kuningan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, kata panitia penyelenggara, A Jatrawan SH, didasarkan pada pembentukan asosiasi BPD (PABPDSI) Kabupaten Kuningan yang terlahir dari tekad untuk memperkuat dan mempertegas posisi BPD dalam pembangunan menuju “Good Governance Desa”.


"Tema kegiatan ini adalah Memperkuat Posisi BPD Lebih Profesional, Bermartabat, Sejahtera dan Mandiri Menuju Good Governance Desa. Adapun jumlah kepengurusan yang dilantik ada 60 orang," sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan semangat sinergitas dan kemitraan BPD dengan Pemerintah Desa dalam menyukseskan pembangunan baik fisik imprastruktur maupun pembangunan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Peningkatan profesionalisme kerja BPD dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya  dalam fungsi pengawasan, aspirasi dan legislasi.

"Kemudian, untuk mendukung perjuangan hak-hak BPD untuk mendapatkan kesejahteraan dan perlindungan kerja yang lebih baik dan lebih layak, " katanya lagi.

Selain itu, sebagai penguatan eksistensi dan kiprah BPD dalam pembuatan produk hukum Peraturan Daerah di Kabupaten Kuningan terkait hal kebijakan dan kepentingan desa.

Sementara, Ketua PABPDSI Kuningan, Yayat Supriatna, menyampaikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga yang memiliki fungsi pemerintahan dalam wilayah desa. Fungsi pemerintahan yang melekat pada lembaga permusyawaratan ini memiliki kekuatan konstitusional, bahwa tugas dan tanggung jawab BPD tidak dapat dipisahkan dari segala proses kebijakan dan tata-kelola pembangunan desa.

"BPD memiliki fungsi mengawasi kinerja pemerintah desa dalam pelaksanaan pembangunan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengadministrasian, dan pelaporan dalam kegiatan pembangunan fisik maupun non-fisik, " sebutnya.

Yayat berharap dengan pelaksanaan pelantikan dan Rakerda PABPDSI Kuningan ini, agar melalui Rakerda bisa tersusun program-program strategis dan penyampaian rekomendasi kepentingan internal dan eksternal organisasi PABPDSI. 

Program-program PABPDSI yang akan dibuat melalui Rakerda fokus diarahkan kepada penguatan kelembagaan PABPDSI dan penguatan posisi BPD melalui peningkatan kemampuan profesionalisme anggota BPD. Misi-misi kerja yang akan dijabarkan dalam program organisasi semuanya beroriantasi kepada penguatan  posisi BPD secara keseluruhan," pungkasnya.


Kegiatan pelantikan pengurus dan Rakerda PABPDSI Kuningan ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Kasubdit Kemendagri, Kabid Bina Desa Provinsi Jabar, Pengurus PABPDSI Pusat dan Jawa Barat, Bupati Kuningan, Acep Purnama, dan Forkopimda, perwakilan DPRD Kuningan, Kepala Dinas PMD Kuningan, para camat dan seluruh kepengurusan yang dilantik.

Selain dilaksanakan secara tatap muka, agenda tersebut juga digelar secara daring di seluruh kantor kecamatan, yang dihadiri para Kades se Kabupaten Kuningan. (Nars)


No comments

Powered by Blogger.