Pasanggiri Biantara Basa Sunda, Juaranya dari Diskominfo Kuningan

KUNINGAN - Memperingati "Poe Basa Indung" tingkat Kabupaten Kuningan sebagai upaya pelestarian Bahasa dan Sastra Sunda yang jadi kekayaan budaya bangsa, Disdikbud, DP Korpri dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan bekerja sama untuk menyelenggarakan Pasanggiri Biantara Basa Sunda antar pegawai Se-Kabupaten Kuningan (SKPD, KECAMATAN, BUMD) secara Virtual.

Pada pengumuman pemenang lomba yang  dilaksanakan secara Virtual melalui kanal Youtube Bidang Kebudayaan Disdikbud Kuningan atau bertempat di Gedung Kesenian Raksawacana, Senin (22/02/2021), Ucup Supratman peserta Pasanggiri Biantara Basa Sunda perwakilan dari Diskominfo, tampil sebagai juara 1.



Ucup, saat dikonfirmasi media ini, terkait kemenangannya, menyampaikan rasa bangga dan bahagia karena dapat mewakili Diskominfo dan menjadi juara 1 dalam peringatan Poe Basa Indung Sadunya ini.

“Alhamdulillah saya merasa bangga, disamping untuk memajukan budaya sunda kami Dinas Komunikasi dan Informatika komitmen untuk selalu menggunakan bahasa indung  pada saat kunjungan ke desa atau acara rapat kita. Terimakasih atas kepercayaan dan dukungan semuanya," papar Ucup.

Dengan peringatan "Poe Basa Indung Sadunya" ini, Ia berharap agar generasi muda bisa lebih mencintai dan melestarikan bahasa sunda dengan membiasakan diri menggunakannya di keseharian.

Dalam Pasanggiri Biantara Basa Sunda tersebut Ucup berkompetisi dengan 19 peserta, dari hasil penilaian tersebut  Ucup Supratman bisa mengalahkan Dede Mulyana juara 2 dari Kecamatan Hantara, Yuendah Laelasari juara 3 dari Bank Kuningan, Bardan juara harapan 1 dari Kecamatan Luragung, Maman TR juara harapan 2 dari Kecamatan Selajambe, Euis Siti juara harapan 3 dari SMPN 4 Kuningan, dan terakhir Yuendah Laelasari sebagai juara Favorit.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kuningan, Dian Rachmat Yanuar,  mengucapkan selamat pada seluruh pemenang.

"Semoga hasil ini bisa untuk sebagai penyemangat serta melestarikan Budaya Sunda khususnya bahasa ibu yaitu Bahasa Sunda” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Wahyu Hidayah, juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menyelenggarakan Pasanggiri Biantara Basa Sunda.

“Alhamdulillah perwakilan dari Diskominfo  dapat menunjukan eksistensinya menjadi juara dalam perlombaan tersebut. Selamat dan sukses untuk pak ucup atas penghargaan yang diperoleh, mudah-mudahan ini menjadi penyemangat untuk kita semua dan slalu mencintai basa indung dan tetap melestarikannya.” ujarnya 



Khusus di Jawa Barat, kegiatan ‘Miéling Poé Basa Indung’ digagas oleh Yayasan Lembaga Basa Jeung Sastra Sunda  (LBBS) yang dikawal oleh budayawan sunda Darpan dan Taufik Faturochman. LBBS sebagai organisasi sosial dan nirlaba mengajak kepada para Walikota dan Bupati di Jawa Barat untuk memperingati kegiatan ini, sebab berdasarkan amanat Undang-Undang, (Nars)

No comments

Powered by Blogger.