Ads Top

Resmi Dikukuhkan, GIBEI Kuningan Perkenalkan Pasar Modal Sejak Dini

KUNINGAN  - Kepengurusan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Fakultas Ekonomi Uniku, resmi dikukuhkan. Giat tersebut, dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, S.E., M. Si, di Kampus Satu Uniku, Kamis (11/02/2021).

Dalam hal ini, Siti Nuke Nurfatimah, S.E., M.Si, selaku Pembina menjelaskan, GIBEI merupakan sarana dalam memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada para mahasiswa atau akademisi. GIBEI FE Uniku, tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal secara teori, tetapi dari segi prakteknya juga. 



"Hal itu, dapat dilihat dari salah satu program yang dilakukan oleh GIBEI Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan, yaitu SPM atau Sekolah Pasar Modal. Banyak dari para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang melakukan investasi atau membeli saham," jelasnya.

Selain itu, demikian lanjut Siti, perlu diketahui juga, Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator Pasar Modal mewajibkan perusahaan yang telah listing di BEI untuk mempublikasikan data perusahaannya, seperti Laporan Keuangan dan Harga Saham secara transparan. 

GIBEI Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan sebagai kepanjangan tangan dari BEI memiliki kewenangan untuk menyediakan berbagai kebutuhan, seperti menyediakan laporan keuangan, laporan tahunan, harga saham, volume perdagangan, kapitalisasi pasar/ nilai pasar, inflasi, data CSR, data GCG, ringkasan kinerja perusahaan, surat pengantar permohonan izin penelitian, dan data penelitian lainnya. 

Informasi dan data yang ada di GIBEI dapat digunakan untuk tujuan akademik oleh civitas akademika, bukan untuk tujuan komersial di luar kebutuhan akademik. 

“Sebagai Kepala Galeri yang baru, saya berterimakasih dengan kepercayaan yang diberikan kepada Saya. Semoga amanah ini bisa saya jalankan dengan baik. Terutama dengan pondasi yang telah dibangun sebelumnya. Semoga saya bisa membawa GIBEI Universitas Kuningan menjadi lebih berkembang lagi dan keanggotaan GIBEI juga bisa semakin kompak," paparnya.

Sementara itu, Oktaviani Rita Puspasari, S.E., M.Si, Ak selaku Pembina sebelumnya menyampaikan, GIBEI FE Uniku dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas mengenai Pasar Modal dan Investasi baik secara teori maupun praktek, dan menambah relasi. 

Bahkan, tak hanya itu saja, ia mengungkapkan, GIBEI harus bisa terlibat langsung dalam perlombaan baik secara akademik maupun non akademik di dalam maupun di luar universitas, menjadi salah satu sarana akademisi maupun masyarakat umum dalam memperoleh informasi tentang Pasar Modal, memperoleh data publikasi mengenai perkembangan Pasar Modal yang diterbitkan oleh BEI, dan lain sebagainya.  

Oleh karena itu, hadirnya GIBEI diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak khususnya mahasiswa, sehingga pengetahuan mengenai Pasar Modal dapat memberikan manfaat yang maksimal. 

"Dan dengan adanya real time data, mahasiswa khususnya pengurus dapat belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham. Hal tersebut diharapkan menjadi jembatan dalam penguasaan Pasar Modal, sehingga Perguruan Tinggi dapat menciptakan mahasiswa yang memahami baik teori beserta prakteknya," harap Oktaviani.

Adapun struktur kepengurusan GIBEI yang baru, diantaranya yakni Muhamad Giri Wiguna sebagai Ketua, Nurfania Sukma sebagai Wakil Ketua, Andi Siti Maryam sebagai Sekretaris, dan Kristania Wulandari sebagai Bendahara. 



Sedangkan untuk divisi dalam kepengurusan GIBEI, yaitu pertama Divisi Data dan Perpustakaan yang terdiri dari Ali Asidik, Ishye Fransisca Casanova, dan Noval Ardhi Saputra; kedua Divisi Edukasi yang terdiri dari Taufik Hidayat, Nurul Hafifah, dan Annisa Agustina; ketiga Divisi Humas yang terdiri dari Wila Wildayani, Yuan Al-Fauzan, dan Agustina Lia Amelia; dan yang keempat Divisi Media Informasi yang terdiri dari Agustina Lia Amelia, Frizi Arya Denandra, dan Rizka Prilaresty. (Arg)

Diberdayakan oleh Blogger.