Bupati: "Ormas dan LSM Oposan Pun Kita Tetap Hargai"

PANGANDARAN - Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan bahwa peran Ormas dan LSM di Kuningan bagi Pembangunan Daerah sangat dihargai pihaknya. Meski Ormas/LSM tersebut memosisikan diri sebagai oposan.

Ungkapan tersebut dikatakan Acep saat membuka agenda Penguatan Mutu Ormas dan LSM se-Kabupaten Kuningan yang difasilitasi Badan Kesbangpol Kuningan, di Hotel Pantai Indah Resort, Kabupaten Pangandaran, pada Sabtu (20/03/2021).

"Semua ormas dan LSM apapun namanya, apapun peran sertanya, sangat kita hargai karena bisa berperan aktif sesuai peran dan tupoksinya masing-masing. Bahkan ormas yang memposisikan diri sebagai oposan pun kita tetap hargai karena perannya, " tandas Acep.

Kegiatan tersebut bertema "Peningkatan Peran Serta Ormas dan LSM dalam Melaksanakan Visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2023".

Agenda pembekalan pada puluhan Ketua dan Pengurus Ormas/LSM ini juga menghadirkan pembicara Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kepala BPKAD, Asep Taufik Rohman, Kepala Bakesbangpol, Budi Alimudin, dan Kepala Bappeda, Usep Sumirat.

Bupati menekankan bahwa peran organisasi kemasyarakatan di Kuningan sangat dinantikan sekali guna menunjang keberhasilan pembangunan.

"Makanya pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa terus memberikan peningkatan mutu bagi sumberdaya manusia Ormas dan LSM agar bisa berkontribusi aktif dalam mengisi pembangunan daerah," papar Bupati.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Acep mengucapkan terima kasih kepada ormas dan LSM sebagai perwakilan masyarakat, yang selama ini banyak memberi masukan termasuk kritikan yang membangun bagi pemerintah, sehingga roda pembangunan di Kuningan tetap berjalan dengan baik.

Terpisah, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, memberikan materi bahwa segala cita-cita pembangunan tidak akan tercapai tanpa adanya semangat sinergitas semua komponen baik pemerintah maupun dari unsur masyarakat.

"Semangat kebersamaan, Gotong Royong, Kontrol Sosial, Kebersatuan, memberikan solusi dan inovasi yang dimiliki Ormas dan LSM sangat membantu tercapainya cita-cita pembangunan," kata Dian.

Ia juga menambahkan, bahwa manusia yang cerdas adalah manusia yang bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Sekda mengajak semua komponen bisa menghilangkan egosentris masing-masing agar cita-cita pembangunan bisa terwujud.

Di lain pihak, Kepala Bakesbangpol Kuningan, Budi Alimudin mengakui, Bakesbangpol Kuningan akan tetus berupaya agar bisa memberikan pelayanan dan peningkatan mutu Ormas/LSM di Kuningan.


"Sejak awal menjabat di Bakesbnagpol, kami langsung melakukan roadshow ke tiap-tiap Ormas, Orsospol dan LSM agar tercipta sinergitas, " ujarnya.

Terpantau, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh sekira seratusan peserta. Agenda penguatan mutu Ormas/LSM ini direncanakan berlangsung selama dua hari, hingga Ahad (21/03) besok. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.