Ini Hasil Kaji Cepat BPBD di Lokasi Amblasnya Jembatan Sukajaya

KUNINGAN - Mendapat informasi terjadinya jembatan yang amblas di Desa Sukajaya Kecamatan Cimahi, pada Selasa (23/03/2021) sore, sekira pukul 15:30 WIB, langsung direspon petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan.

Menurut keterangan Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, dari hasil kaji cepat sementara yang dilakukan pihaknya, jenis bencana yang terjadi adalah bencana tanah longsor.

"Kejadian awalnya pada Hari Senin (22/03) petang sekira pukul 18:00 WIB. Namun menurut informasi terakhir adalah Selasa (23/03) sore sekira pukul 15:30 WIB terjadi longsoran lebih besar," ungkapnya.

Titik lokasi longsoran, disebutkan Indra, ada di Blok Ciasem, Anak Sungai Cisanggarung, Desa Sukajaya  Kecamatan Cimahi.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

"Dampak longsoran, gorong-gorong selebar 4 meter telah berlubang dengan panjang 1, 5 meter dan air anak Sungai Cisanggarung mengkikis jalan sepanjang 4 meter," terangnya.

Akibat bencana tersebut, kata Indra, untuk sementara waktu arus lalu lintas baik roda 2 maupun roda 4 tidak bisa melintas. Dan penghubung Desa Sukajaya dengan Desa Mulyajaya terputus total.

"Ini terjadi akibat hujan lebat pada Senin dan Selasa sore. Pihak desa berkoordinasi dengan kecamatan dan dinas terkait untuk segera melakukan penanganan darurat. Kami juga akan melakukan penanganan aksesibilitas darurat dulu rencananya besok," papar Indra.

Baca juga:



Sebelumnya diberitakan, akibat guyuran hujan deras pada Selasa (23/03/2021) sore, sedikitnya dua jalur lalu lintas terputus di wilayah Timur Kabupaten Kuningan. Berdasarkan keterangan Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, bahwa akibat hujan dan banjiran sore itu, di dua lokasi terjadi bencana.

"Pertama, Jembatan Desa Jalan Sukajaya ke Desa Mulyajaya, Cikeusal, Kecamatan Cimahi, ambruk. Yang kedua, amblasnya Jalan Desa Gunungkarung ke arah Desa Benda Kecamatan Luragung, " sebutnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.