Jembatan Sukajaya, Sudah Dianggarkan Perbaikan Tahun Ini, Eh Longsornya Tambah Parah

KUNINGAN - Lokasi bencana longsoran di Blok Ciasem, Sungai Cisanggarung, Desa Sukajaya, Kecamatan Cimahi, pada Selasa (23/03) sore, sebenarnya sudah mendapat perhatian dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Kuningan.

Melalui Kepala Bidang Bina Marga, Teddy Sukmajayadi, Kepala Dinas PUTR Kuningan, M Ridwan Setiawan, menjelaskan bahwa untuk perbaikan TPT gorong-gorong di Jembatan Desa Sukajaya-Desa Mulyajaya, Kecamatan Cimahi sudah masuk dalam rencana pekerjaan pada APBD Tahun 2021.


"Iya untuk perbaikan jalur gorong-gorong di Sukajaya ini sudah masuk teranggarkan di APBD 2021, meski tidak besar," terang Teddy.

Namun, saat melihat kondisi paska longsoran yang lebih besar pada Selasa sore, Ia mengatakan pasti akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya.

"Melihat kondisi kerusakan tadi, perlu pemikiran penambahan pembiayaan," sebutnya.

Agar perbaikan segera dilaksanakan, upaya yang akan ditempuh adalah PUTR akan berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Cimahi agar bisa membuat jembatan darurat.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

"Kita tadi sore, berkoordinasi dengan Pak Camat Cimahi di lapangan, sedang diupayakan pembuatan jembatan darurat," katanya.

Untuk tahap permanennya, ke depan Tim Bina Marga DPUTR, diakuinya, akan membuat design konstruksinya terlebih dahulu. 

"Insya Alloh dalam waktu tidak terlalu lama akan diperbaiki. Begitu juga dengan amblasan di Desa Gunungkarung menuju Desa Benda, " ujar Teddy.

Untuk titik Desa Gunungkarung, pihaknya menyebutkan baru melakukan penanganan darurat saja. Namun ternyata hujan besar pada Selasa sore, memaksa ada amblasan lagi.

"Kita dengan Pemdes Gunungkarung maupun Desa Benda sudah koordinasi untuk merelokasi jalannya sepanjang 80 meter ke tanah sawah milik masyarakat," ungkapnya lagi.

Pihaknya berharap proses pendanaan melalui dana kedaruratan maupun pasca bencana bisa segera direalisasikan untuk menangani bencana di dua titik yang terjadi sore tadi.

Baca juga:


"Selain dua titik di atas, bencana dua hari yang lalu juga terjadi longsoran di Jalan Legokherang-Pamulihan dan longsor di Jembatan Cilangkap Desa Kutawaringin yang sedang kita tangani," pungkasnya.

Untuk diketahui, kerusakan jembatan di Desa Sukajaya, berdasarkan kaji cepat BPBD Kuningan adalah longsoran pada gorong-gorong selebar 4 meter telah berlubang dengan panjang 1, 5 meter dan air anak Sungai Cisanggarung mengkikis jalan sepanjang 4 meter.

"Akibat bencana tersebut, untuk sementara waktu arus lalu lintas baik roda 2 maupun roda 4 tidak bisa melintas. Dan penghubung Desa Sukajaya dengan Desa Mulyajaya terputus total," jelas Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu, pada kuninganreligi.com Selasa malam. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.