Pemuda Desa Silebu Tingkatkan Kapasitas Berorganisasi

KUNINGAN - Sebanyak 25 pemuda dari berbagai organisasi tingkat desa mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Organisasi Kepemudaan dalam Rangka Membangun Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif dan Berakhlakul Karimah, pada Senin (08/03/2021).

Program tersebut guna mendukung Visi Bupati Kuningan yakni Kuningan MAJU, (Makmur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa)

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Silebu Asep Yusuf Hamdani, ketika membuka kegiatan tersebut di aula kantor desa setempat.

"Kami harapkan dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas pemuda ini sebagai salah satu bentuk kongkrit mewujudkan Desa Silebu mandiri berbasis pemberdayaan  untuk mewujudkan misi Bapak Bupati tersebut. Tentunya melalui kegiatan ini dapat memberikan peningkatan pemahaman dan keahlian sesuai potensi dan bidangnya masing-masing,"harapnya.

Sementara itu Sekmat Pancalang, Iman Firmansyah, menyampaikan bahwa bonus demografi saat ini menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan  seiring dengan perkembangan dunia digital. 

"Ditambah dengan adanya PP No 11 Tahun 2021 tentang Bumi Desa yang mempunyai kaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam untuk dijadikan produk," sebut Iman.

Terpisah, Ilham Farhan sebagai salah satu elemen pemuda menyampaikan dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan adanya sebuah kolaborasi antara pemuda, masyarakat dan pemerintah desa, sehingga ketercapaian menjadi desa mandiri berbasis pemberdayaan bisa optimal dengan baik.

"Dengan komposisi desa hari ini yang sudah bagus serta para pemuda mempunyai girah untuk membangun desanya sendiri, kenapa tidak untuk saling berkolaborasi dalam setiap segmen,"ungkapnya.

Tampak hadir dalam acara pembukaan yakni Ketua BPD Desa Silebu Dudin Sa'dudin, Pemdes, LPMD, Muspika serta Babinkumas Kecamatan Pancalang. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama satu hari dengan narasumber dari Sekretaris Kecamatan Pancalang dan tetap menjaga prokes lengkap dengan memakai masker dan hand sanitizer. (Nars/Ilham)

No comments

Powered by Blogger.