PERAN PERBANKAN SYARIAH

KUNINGAN - Pada mulanya, kemunculan bank syariah dipicu oleh keinginan adanya jasa keuangan yang sesuai prinsip syariah yang membangun suatu sistem perbankan tanpa praktik riba (bunga), maysir (perjudian), dan gharar (ketidakpastian), serta praktik lain yang tidak sesuai dengan prinsip Islam.



Lebih lanjut, perkembangan perbankan syariah juga didorong oleh keinginan umat muslim untuk beraktivitas ekonomi dan keuangan seharihari sesuai dengan tuntunan syariah yang dikenal dengan konsep muamalah, serta sebagai bentuk jalan keluar bagi siklus krisis periodik yang dipicu oleh perilaku buruk dalam berekonomi yang abai terhadap etika, agama, dan nilai-nilai moral, yang tidak hanya ada dalam ajaran Islam tetapi juga secara substansi muncul pada ajaran agama-agama lainnya (Roadmap Perbankan syariah 2015-2019).

Potensi Sektor Jasa Keuangan Syariah Indonesia termasuk sangat besar bagi pertumbuhan SJK syariah, terlebih lagi dominasi jumlah penduduk muslim sebanyak 88,1% dari penduduk Indonesia

Secara global, 12,7% muslim dunia ada di Indonesia dan merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Di antara negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, berdasarkan Islamic Finance Index, Indonesia termasuk dalam sepuluh besar negara yang dianggap memiliki lingkungan yang mendukung bagi pengembangan sektor jasa keuangan syariah (MPSJKI 2015-2019).

Keuangan syariah secara umum dan perbankan syariah secara khusus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Ditinjau dari potensi dan posisinya, kontribusi perbankan syariah diproyeksikan mampu berkembang lebih pesat lagi.



Untuk dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan perbankan syariah, dibutuhkan suatu kebijakan yang tepat. Selama ini pengetahuan mengenai peran dan kontribusi perbankan syariah di Indonesia masih sebatas ranah hubungan kausalitas yang dipandang belum cukup, sehingga dibutuhkan analisis yang lebih dalam untuk menentukan kebijakan yang tepat bagi Indonesia.

Penulis : Muhammad Fidaaul Haq (Mahasiswa STEI SEBI)

No comments

Powered by Blogger.