Dikelola Remaja Ancaran, Tersaw Cafe Inspirasi Bagi Generasi Rebahan untuk Bangkit

KUNINGAN - Kabupaten Kuningan memang "surga"nya bagi para pecinta kuliner, terutama mereka para penikmat minuman kopi dan pemburu tempat nongkrong. Hal ini ditandai dengan menjamurnya kedai-kedai tempat ngopi dengan aneka penawaran fasilitas dan menu makanan.

Seperti yang baru dibuka sejak Sabtu (27/03/2021), sebuah tempat ngopi baru hadir di sekitaran Kuningan Kota. Tepatnya di Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan. Namanya, Tersaw (Teras Sawah) Cafe.

Pemilik Tersaw Cafe, Dandi, warga desa setempat, saat ditemui di lokasi usahanya, menyebutkan bahwa nama Teras Sawah yang dipilihya adalah sesuai dengan lokasi tempat usahanya tersebut.

"Iya sesuai namanya, dulu bangunan ini adalah hamparan sawah. Bahkan sekarang pun masih ada persawahan di sekelilingnya, " ujar pemuda berusia 24 tahun ini.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Ditanya motivasi, Ia mengatakan bahwa memilih usaha kuliner yang dijalaninya adalah sesuai latar belakang pendidikan yang ditempuhnya di bidang kepariwisataan dan tata boga.

"Saya juga punya prinsip memilih bersusah-susah di masa muda dan senang di masa tua. Daripada nanti masa tua kita tetap bersusah-susah sementara saat mudanya banyak bersenang-senang," paparnya.

Dari tampilan suasana Kedai Ngopi Teras Sawah, terlihat suasana yang elegan dan gagah. Struktur bangunan kokoh berdiri tiga buah, menyerupai huruf C.



Dua bangunan bertingkat disediakan untuk duduk konsumen. Ada yang lesehan dan ada yang memakai bangku kayu.

"Untuk lantai atas, jika siang hari kita bisa melihat pemandangan sekitar. Gunung Ciremai dan Gunung Slamet akan terlihat jelas jika siang hari. Ruangan atas ini cocok untuk ruang rapat juga," terang Dandi.

Sementara untuk suasana malam hari, jika kita datang ke Tersaw Cafe ini, akan dimanjakan dengan siraman cahaya lampu-lampu yang berjajar.

Di beberapa sudut Cafe terdapat hiasan khas ala cafe kekinian. Bahkan, ada titik yang menarik yakni dipajangnya tiga tokoh nasional yang sempat menjabat sebagai Presiden RI, Ir Soekarno, BJ Habibie dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"O Iya kebetulan pas SMA, Saya mengambil jurusan IPS dan menyukai Sejarah Perjuangan Bangsa. Foto itu bisa juga untuk mengingatkan jasa-jasa para pendiri bangsa ini pada generasi muda saat ini, untuk edukasi juga," jelasnya.

Bicara soal menu minuman dan makanan, Dandi menyebutkan menu yang disiapkan masih standar kebanyakan kedai kopi yang banyak ditemukan di Kuningan.


"Menunya masih standar saja. Untuk kopi yang diunggulkan ada Koplo Tersaw (Kopi Lokal Teras Sawah). Dan untuk makanan, best seller yang kita unggulkan adalah Sosis Solo, " kata Dandi.

Nah, bagi para pecinta kuliner dan penjajal Kafe, mari ramaikan kafe terbaru di Kuningan ini. Oya, Kafe ini juga merupakan lokasi usaha yang dibangun oleh kaum muda yang ingin mandiri.

Tersaw Cafe yang disiapkan untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan, bagi mereka yang mencari tempat berbuka ini, terletak di Jalan Embah Dako, dari Pasar Ancaran masuk ke arah utara kurang lebih dua ratus meteran.

Jadi tunggu apa lagi, yuk kita cicipin seperti apa kuliner di Tersaw Cafe ini. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.