Pemuda-Pemudi Desa Kalapagunung Tutup Rangkaian Giat Ramadhan dan Idul Fitri dengan Khitanan Massal

KUNINGAN - Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Al Hidayah dan Karang Taruna Desa Kalapagunung, Kecamatan Karamatmulya kompak melaksanakan kegiatan khitanan massal dan cek kesehatan gratis bagi masyarakat setempat, Rabu (26/05/2021), di Balai Desa Kalapagunung.

Agenda yang digelar sejak pukul 09:00 WIB ini diikuti sejumlah 11 anak sunat yang diantar keluarganya. Hadir juga puluhan warga yang ingin melakukan cek kesehatan.


Pihak panitia menyelenggarakan khitanan massal ini dengan menggandeng Tim Kesehatan Rumah Sakit Kuningan Medical Center (KMC) sebagai pelaksana khitanan dan cek kesehatan gratis.

Ketua panitia khitanan massal, Igun,melalui wakilnya, Adi Irawan, saat ditemui disela kegiatan menyebutkan pelaksanaan agenda tersebut merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri yang telah digelar sejak sebulan lalu.

"Sebelumnya kita gelar kegiatan menyambut dan mengisi Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. Dan untuk puncaknya adalah kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan hari ini, " ujar Adi.

Pihaknya mengaku bangga dan gembira karena dalam pelaksanaan khitanan massal ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

"Alhamdulillah bisa terlaksana dengan sukses. Sebenarnya ini diluar ekspektasi, tadinya kita hanya merencanakan 6 peserta, ternyata yang daftar ada 11 anak sunat," katanya.

Para peserta khitanan massal ini, imbuhnya, merupakan anak dari warga yang berdomisili di Desa Kalapagunung. Sedangkan untuk giat cek kesehatan, pihaknya membuka untuk umum, yakni warga manapun bisa ikut serta dan tidak dipungut biaya.

"Kebetulan dalam tenaga kesehatan KMC yang dilibatkan ada dari rekan-rekan yang berasal dari Kalapagunung. Mereka berkeinginan mendharmabhaktikan ilmu kesehatan yang dimiliki agar bisa bermanfaat buat masyarakat di desanya, " ungkap Adi.

Pihaknya menambahkan, dalam giat khitanan massal ini panitia menekankan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat. Warga yang datang wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

"Kita juga Alhamdulillah dihadiri oleh Muspika Karamatmulya, perangkat desa, BPD, dan LPM yang mensupport penuh pada kegiatan ini, " ucapnya.

Pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa terlaksana secara rutin setiap tahunnya.

Terpantau dalam pelaksanaan khitanan massal ini, diisi juga oleh pergelaran Pencak Silat dan Marawis dari generasi muda Desa Kalapagunung.

Kepada para anak sunat, panitia memberikan uang panyecep (saweran sebagai ungkapan rasa syukur) dan bingkisan. Bahkan tidak sedikit dari warga dan para tokoh masyarakat yang hadir juga memberikan sumbangan uang panyecep pada anak-anak sunat tersebut.

Terpisah, Kepala Desa Kalapagunung, Dedi Sudirman, mengaku sangat mengapresiasi pada kegiatan hasil kolaborasi Irmas, Karang Taruna dan Pemdes Kalapagunung ini.

"Ya, kami dari pemerintahan desa tentunya akan selalu memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat sepanjang itu positif dan memberikan dampak baik bagi desa dan masyarakat," ungkapnya.

Baginya, kegiatan ini adalah hal yamg baik dan diharapkan menjadi pemicu dan inspirasi bagi pemuda-pemudi Desa Kalapagunung untuk terus berkarya.


"Semoga pemuda-pemudi Kalapagunung bisa tetap kompak, bersatu dalam kegiatan-kegiatan yang baik ini. Intinya kita akan terus dukung penuh semua kegiatan yang positif yang dilaksanakan pemuda-pemudi Kalapagunung," tandas Kades Dedi. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.