Waspadai Modus Penipuan Galang Donasi Ponpes dan Yayasan Jual Nama Bupati Kuningan

KUNINGAN - Modus penipuan yang mengatasnamakan Bupati Kuningan, Acep Purnama kembali terjadi. Aksi pelaku dugaan penipuan ini diunggah akun resmi Media Sosial Facebook Acep Purnama pada Ahad (16/05/2021) malam.

Bupati Acep, dalam unggahannya memberitahukan kepada netizen warga Kuningan agar berhati-hati bilamana ada orang yang mengaku-ngaku dan mengatasnamakan dirinya dengan menghubungi melalui percakapan aplikasi Whatsapp.


"Wilujeung wengi wargi Kuningan..Saat ini ada orang yang mengaku-ngaku dan mengatasnamakan saya, Acep Purnama  dengan nomor WA  0821 310 922 980 dengan foto profil seperti di bawah ini " demikian ditulis akun Acep Purnama seraya menyertakan tangkapan layar petcakapan orang tersebut.

Orang tersebut, tulis akun Acep, mengaku sedang menggalang donasi berupa uang. Acep meminta kepada masyarakat agar berhati-hati apabila dihubungi orang tersebut seperti dalam unggahannya

"Mohon untuk tidak menanggapinya karena saya tdk pernah melakukan hal tersebut," ujarnya.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Acep pun menjelaskan, terkait dengan bantuan atau hal yang bersifat sosial dan berhubungan kesejahteraan masyarakat, pihaknya mengakui, sudah ditangani oleh bagian atau SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

"Mari kita berdoa mudah-mudahan org tsb mendapatkan hidayah, supaya tdk merusak nama baik org lain..," tulisnya.

Di akhir unggahannya, Acep mengajak masyarakat bisa menjaga kondusivitas, menerapkan terus protokol kesehatan dan waspada terhadap orang-orang yang ingin mengganggu ketertiban.

Sementara, di unggahan tangkapan layar percakapan orang yang mengatasnamakan Bupati Kuningan terlihat percakapan orang tersebut ditujukan pada salah seorang pengelola yayasan.

Dalam percakapan tersebut orang yang mengaku Bupati Kuningan ini menyebutkan bahwa dirinya bersama rekan sekantornya sedang menggalang donasi berupa uang ke berbagai ponpes dan yayasan di wilayah Kuningan.

Kemudian Ia menanyakan apakah benar dirinya berbicara dengan pengurus yayasan.

Saat diiyakan, orang tersebut kembali menanyakan identitas pengurus yayasan yang dihubunginya tersebut.

"baik dengan bapak siapa sebelumnya saya berbicara bapak," tanya orang tersebut. 

Merasa ada yang mencurigakan, pemilik yayasan yang tidak disebutkan identitasnya ini menyebutkan bahwa dirinya merupakan teman Bupati Acep waktu duduk di SMA.

Kembali orang tersebut menanyakan identitas dan saat diminta bertemu langsung di pendopo Ia juga sempat menyanggupi dengan megajak bertemu pada pukul 20:00 WIB di pendopo.

Menanggapi adanya akun Whatsapp palsu yang mengatasnamakan Bupati Kuningan ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah,  melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Anwar Nasihin, meminta warga lebih hati-hati dalam menggunakan medsos.

Selain mewaspadai hoaks dan informasi yang berisi ujaran kebencian, Anwar menegaskan agar masyarakat jangan percaya begitu saja terhadap berbagai akun yang mengatasnamakan seseorang, karena akun-akun tersebut berpotensi melakukan penipuan yang dapat merugikan masyarakat.


“Masyarakat jangan percaya begitu saja apabila ada akun facebook atau akun medsos yang lain mengatasnamakan Bupati Kuningan atau Pejabat Publik lainnya. Akun resmi dapat dilihat langsung dari profil dan juga postingan para pejabat publik di media sosial, seperti akun resmi dinas,” katanya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.