Ads Top

Nelayan Desa Jagara Terkejut, Temukan Ikan "Raksasa" di Perairan Waduk Darma

KUNINGAN - Seorang nelayan asal Desa Jagara, Kecamatan Darma, Dedi, Ahad (20/06/2021) malam, terkejut saat menemukan seekor ikan berukuran tak lazim dari jenis ikan lokal yang biasa ada di perairan Waduk Darma.

Video penangkapan ikan "raksasa" oleh nelayan Desa Jagara ini juga sempat tersebar di media sosial. 

Tonton videonya di sini: https://youtu.be/SiuIKPOv07E

Dalam video berdurasi 1 menit 48 detik ini, Sekdes Jagara, Dadang, mengambil gambar penangkapan ikan besar dari perairan Waduk Darma.

"Penemuan ikan di perairan Waduk Darma Desa Jagara, ditengah berdukanya para petani ikan, ternyata ditemukan ikan lokal seberat kurang lebih 50 kg," kata Dadang dalam video tersebut.

PMB UNIVERSITAS KUNINGAN KLIK DI SINI

PMB Uniku

Sementara, Dedi, sang nelayan yang menangkap ikan itu, menuturkan kronologis penangkapannya.

"Wah pas nangkapnya susah sekali, pas ada ikan di pinggir waduk, saya hendak menangkapnya, sampai terbontang-banting," kata Dedi.

Meski kehilangan satu unit handphone yang hancur terbanting saat menangkap ikan "raksasa" itu, Dedi mengaku puas akhirnya bisa menangkapnya. Ia tidak sendiri, saat menangkap ikan lokal yang beratnya tak lazim ini, dirinya dibantu seorang warga lain bernama Jojo.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Sementara, warga lainnya mengungkapkan penangkapan ikan ini membuktikan bahwa kondisi air Waduk Darma sudah parah. 

Untuk diketahui, berdasarkan informasi, para petani ikan di perairan Waduk Darma saat ini sedang berduka. Mereka yang memiliki Keramba Jaring Apung (KJA) di waduk yang juga jadi destinasi wisata di Kuningan ini merugi banyak, setelah puluhan ton ikan mati mendadak akhir-akhir ini.


Kematian puluhan ton ikan ini diprediksi akibat adanya pancaroba (perubahan iklim) dan juga akibat jenuhnya kandungan pakan di dalam air. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.