Ads Top

Peletakan Batu Pertama, Warga Rt 02 Rw 01 Kelurahan Cigugur Segera Miliki Musholla

KUNINGAN - Warga Rt 02/01 Lingkungan Manis Kelurahan / Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan sedang membangun sebuah Musholla yang representatif dengan ukuran 10 x 10 meter. Musholla yang berarsitektur minimalis dan elegan ini dibangun di atas tanah 14 bata dengan rencana anggaran biaya Rp 800 juta. 

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, pada Selasa (01/06/2021), hadir melakukan peletakan batu pertama pembangunan musholla yang diberi nama Nurul Falaah ini. Kegiatan itu disaksikan juga unsur Forkopimcam Cigugur dan Aleg Partai Gerindra, Sri Laelasari. 


Dalam sambutannya, Acep mengapresiasi semangat warga Rt 02 untuk memiliki sebuah sarana peribadatan di lingkungannya. 

"Di tengah pandemi tidak boleh menyerah, kita harus tetap semangat. Ini cocok seperti yang pernah Saya dengar bahwa Nabi juga di saat sesulit apapun tetap mengawali satu lokasi yang ditempati Beliau dengan ciri satu tempat beribadah, " ungkap Bupati Acep.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam ajaran Islam, Allah SWT berjanji, kepada siapa yang berinfak untuk membangun sarana ibadah, pasti akan diganti dengan pahala berlipat ganda bahkan membangun rumah bagi mereka di surgaNya.

Terkait pembangunan musholla yang akan dimulai, Bupati menyampaikan, pihaknya akan membantu pelayanan serba cepat dan cuma-cuma terkait persyaratan perijinan bangunan, dan hal lain yang dibutuhkan. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

"Peletakan batu pertama Musholla Nurul Falaah ini waktunya bersamaan juga dengan Hari Lahir Pancasila. Semangat membangun musholla juga tidak terlepas maknanya dengan semangat ber Pancasila, di sana ada semangat persatuan dan gotong royong, " paparnya.

Bupati melihat, dengan akan dibangunnya musholla tersebut, membuktikan bahwa masyarakat Rt 02 Kelurahan Cigugur masih memiliki kekompakkan dan kesalehan sosial. 

"Pembangunan yang dijalankan juga memiliki semangat pembangunan mental spiritual. Dalam Visi Kuningan ada Visi Agamis. Salah satu penjabarannya adalah terbangunnya sarana prasarana peribadatan yang dari sisi fungsi dan hakekatnya adalah untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta, " terang Bupati. 

Disamping itu, Musholla juga diharapkan bisa menjadi tempat masyarakat untuk berkegiatan dalam rangka mencari solusi bagi kepentingan umum.

"Misalnya saja, Musholla ini bisa juga jadi tempat bermusyawarah untuk menumbuhkan rasa emosional sesama manusia," ujarnya.

Sementara, Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra yang juga hadir melakukan peletakan batu pertama mengaku sangat terharu pada semangat gotong-royong warga Rt 02 Lingkungan Manis Kelurahan Cigugur ini.

"Tadi Saya dengar, upaya warga saling bantu dalam mendirikan Musholla ini sangat kental sekali. Mulai dari pengadaan lahan, pembuatan gambar, hingga udunan dana, Saya saksikan tadi sangat guyub dan kompak," kata Sri.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musholla Nurul yang dihadiri Bupati dan Anggota DPRD ini, menambah motivasi bagi panitia dan masyarakat terhadap keberhasilan dan kelancaran pembangunan musholla.

Untuk diketahui, perencanaan pembangunan musholla ini diawali sejak 26 April 2021. Warga Rt 02 sepakat membangun musholla dan kemudian terbeli satu lahan seluas 208 meter persegi yang diberikan harga sangat murah oleh pemiliknya.


Direncanakan pembangunan musholla akan menelan anggaran Rp 806.612.000,-. Saat ini panitia baru memiliki anggaran sebesar Rp 135,4 juta dan masih membutuhkan uluran tangan dari donatur.

Terkait waktu proses pembangunan, panitia tidak menargetkan waktunya. Mereka akan membangun secara bertahap, seiring pendanaan dan material bangunan yang masuk. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.