Sudah Digelar Dua Hari, PPDB Online SMP di Kuningan, Ini Alamat Website PPDB yang Bisa Diakses

KUNINGAN - Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kuningan sudah berlangsung selama dua hari. Sejak Senin (28/06/2021) kemarin, PPDB tingkat SMP ini dilaksanakan secara daring (online) melalui laman website https://kuningan.siap-ppdb.com

Demikian dikatakan Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Abidin, saat ditemui di sela kegiatan monitoring PPDB online di SMPN 1 Kuningan, Selasa (29/06). 


Diterangkan Abidin, hingga saat ini semua proses PPDB yang digelar di masing-masing SMP berjalan lancar. 

"Alhamdulillah, meski (sistem PPDB online) ini baru dilakukan pertama kali di Kuningan, namun terpantau di lapangan tidak ditemukan kendala yang berarti, " ucapnya. 

Kelancaran pelaksanaan PPDB ini, imbuhnya, tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan sebelumnya. Pihaknya mengakui telah bekerjasama dengan PT Telkom terkait penyediaan sistem untuk memroses pendaftaran. 

"Pihak Telkom yang bertanggungjawab untuk penyediaan sistemnya. Kemudian untuk kendala sekolah yang berada di wilayah kurang sinyal internet, dari tracing pihak Telkom sudah bisa diatasi, " jelasnya. 

Selain itu, kelancaran PPDB ini juga berkat dilakukannya pelatihan kepada para operator yang telah digelar sebanyak dua kali. 

PMB UNIVERSITAS KUNINGAN KLIK DI SINI

PMB Uniku

"Pelatihan operator PPDB sekolah digelar bersama pihak Telkom secara virtual. Mudah-mudahan bisa difahami dan dimengerti dengan baik karena penjelasan dari pihak Telkom sudah komprehensif, " kata Abidin lagi. 

Ia melanjutkan, karena sistem yang digunakan tergolong baru, maka pihaknya akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait kekurangan dan hal lain yang perlu diperbaiki. 

"Hasil dari evaluasi tersebut nanti akan jadi acuan untuk pelaksanaan PPDB tahun berikutnya. Alhamdulillah hingga hari kedua ini tidak ada keluhan, " imbuhnya. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Abidin memaklumi jika dalam sistem PPDB yang dipakai masih ada yang belum difahami. Namun pihaknya dan Telkom akan melakukan pemanduan jika ada kendala di tengah proses PPDB berlangsung. 

"Sejauh ini kami menilai sistem yang digunakan PPDB sudah memberikan ruang yang luas bagi para pendaftar. Jika nanti ada  anak usia sekolah SMP yang terkendala pada PPDB online ini kita akan tetap beri kesempatan yang terpenting adalah mereka bisa sekolah, " tandasnya. 

Pihaknya juga mendorong para Kepala Sekolah agar terus memberikan bimbingan pada proses PPDB yang dilaksanakan agar berjalan dengan baik. 

Ditanya soal pengumuman hasil PPDB online ini, Abidin mengatakan setelah dilakukan evaluasi, pengumuman direncanakan akan dilakukan pada Rabu (07/07).

Bagi yang memerlukan penjelasan lebih jauh terkait teknis PPDB ini, Abidin menyebutkan ada panitia (help desk) di masing-masing sekolah yang siap memberikan jawaban atau solusi. 

"Jika belum juga terjawab, di Disdikbud Kuningan juga kita punya help desk PPDB ini, " sebutnya. 

Sementara, Kepala SMPN 1 Kuningan, Adang Kusmana, saat ditemui di kantornya menyebutkan pelaksanaan PPDB di tempatnya berjalan lancar. Adanya sistem online, menurutnya, sangat membantu meringankan dan mempercepat proses PPDB. 


"Dengan sistem online ini semakin memudahkan, para orang tua calon peserta didik tidak perlu datang ke sekolah. Cukup daftar melalui sistem di gawainya dengan mengunggah persyaratan kelengkapan administrasi, " terangnya. 

Jika ada persyaratan yang tertinggal, ujarnya, para pendaftar tidak perlu bolak-balik dari rumah ke sekolah. Dan sistem dengan mudah akan memberi tahu hal-hal yang dianggap kurang. 

"Alhamdulillah, dalam dua hari ini sudah tercatat dan terverifikasi 200 lebih pendaftar di SMPN 1 Kuningan, " kata Adang. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.