Terungkap, Ini Jenis Ikan Raksasa yang Ditangkap Nelayan di Perairan Waduk Darma

KUNINGAN - Fenomena tertangkapnya ikan dengan ukuran besar di perairan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan kembali terjadi. Jum'at (25/06/2021) dini hari tadi, beberapa orang warga Desa Jagara, dikabarkan ramai-ramai membantu seorang nelayan setempat yang mendapati ikan tersebut di perairan Waduk Darma.

Kuninganreligi.com pada Jum'at siang menerima video peristiwa penangkapan ikan tersebut dari salah seorang pemerhati perikanan Kuningan, Kiki, yang juga staf pengajar di SMKN 1 Kuningan.


Dalam video berdurasi 16 detik tersebut, diketahui nelayan setempat bernama Nanang, adalah yang menemukan ikan itu pertama kali.

Seperti dalam video penangkapan "ikan raksasa" sebelumnya, video tersebut juga memperlihatkan warga sedang memegangi ikan berukuran panjang sekira 1 meter tersebut.

"Ini lebih besar dari yang ditangkap beberapa hari yang lalu. Ukurannya sekira 40 kilogram," ujar Kiki.

Ia meyakinkan bahwa jenis ikan tersebut termasuk pada jenis Ikan Silver Carp yang berasal dari Negara Tiongkok (China).

PMB UNIVERSITAS KUNINGAN KLIK DI SINI

PMB Uniku

"Fix, jenis ikan itu adalah Silver Carp, yang berasal dari negeri Tiongkok," ujar pria yang juga penggiat budidaya ikan ini.

Ikan jenis Siver Carp ini, kata Kiki, memiliki kepala besar dan ukuran beratnya juga bisa mencapai puluhan kilogram, jika dipelihara dalam waktu lama.

"Memiliki sisik seperti perak, kadang tidak terlihat seperti sisik," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perikanan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Deni Rianto, saat dihubungi kuninganreligi.com membenarkan bahwa jenis ikan besar yang ditangkap warga Desa Jagara itu adalah ikan jenis Silver Carp.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Sementara, Sekdes Jagara, Dadang, menceritakan bahwa ikan tersebut diduga adalah ikan yang sempat dibudidayakan warga Taiwan beberapa tahun lalu di jaring apung yang diletakkan di perairan Waduk Darma.

"Beberapa tahun lalu sempat ada warga Taiwan yang membudidayakan ikan "Taiwan" ini, namun karena jebol, ikannya lepas ke perairan. Mungkin ikan yang ditangkap warga ini adalah ikan taiwan itu," paparnya.


Dadang menambahkan, untuk harga ikan tersebut tergolong mahal. Pernah ada yang menawar, untuk kepala ikannya saja bisa dibanderol seharga Rp 250 ribu.

"Katanya rasanya tidak begitu enak, tapi tidak tahu juga soalnya belum pernah merasakan," ungkapnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.