Ads Top

4 Ruas Jalan Direkonstruksi Geliatkan Kembali Perekonomian di Tengah Pandemi


KUNINGAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan, melalui Bidang Bina Marga sedang merampungkan rekonstruksi 4 ruas jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Kuningan. Pemeliharaan berkala jalan tersebut diharapkan bisa menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini. 

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menyebutkan ada 4 ruas jalan yang saat ini sedang dirampungkan perbaikannya yang anggaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun 2021. Keempat ruas jalan itu adalah Ruas Cihirup - Kojengkang, Pasawahan - Mandala, Bantar Panjang - Leuwi Asom dan Japara - Sindangbarang. 


"Iya keempatnya itu dari DAK APBN, total anggarannya Rp 29 Miliar, sifat pengerjaannya rekonstruksi, pemeliharaan berkala. Adapun pengerjaannya, hotmix badan jalan, pengerasan bahu jalan, dan saluran airnya juga dirapikan sepanjangnya, " terang Teddy saat dihubungi kuninganreligi.com, Sabtu (17/07/2021). 

Ditambahkannya, pengerjaan seluruh pemeliharaan keempat ruas jalan tersebut dijadwalkan selama 120 hari. Saat ini tinggal  sepekan lagi waktu pengerjaan, sedang dilakukan penyelesaian pekerjaan saluran air di kiri-kanan jalan. 

"Seperti contoh di Ruas Japara - Sindangbarang, itu sudah hampir rampung, tinggal pengecoran bahu jalan sedikit lagi dan pembuatan marka jalan, " ujarnya. 

Teddy menuturkan, untuk keempat ruas jalan ini anggarannya memang ideal sebagai pekerjaan ruas jalan yang "sebenarnya". Pihaknya berharap ke depan, semua ruas jalan di Kuningan bisa seperti keempat ruas jalan tersebut pengerjaannya. Karena,  adanya lapisan hotmix dua lapis, pengerasan bahu jalan, dan pembuatan saluran air akan membuat " usia" jalan akan lebih lama (awet). 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Pihaknya berharap agar setelah selesainya rekonstruksi dan pemeliharaan berkala jalan ini, masyarakat setempat bisa lebih peka dan peduli untuk merawatnya dari hal-hal yang bisa merusak hasil pekerjaan jalan ini. 

"Ya minimal, jika ada saluran air yang mampat akibat sampah, bisa dibersihkan segera. Karena jika air sudah ke badan jalan, ini yang bisa merusak, " katanya. 

Terpisah, di Ruas Jalan Japara - Sindangbarang, pihak pemborong dari PT Kalimasada Kuningan, membenarkan bahwa pengerjaan rekonstruksi jalan di lokasi tersebut hampir selesai. 

"Tinggal sepekan lagi, saat ini kita sedang penyelesaian, " kata Cepy, mandor pekerjaan. 

Untuk ruas Japara - Sindangbarang tersebut, Ia mengatakan memiliki panjang sekira 3,5 kilometer. 

Sementara, Maman Aulia, warga setempat mengaku, adanya perbaikan ruas jalan tersebut sangat diharapkan sekali oleh masyarakat. 

"Dengan adanya perbaikan jalan ini, Alhamdulillah masyarakat menyambut baik. Karena jalur ini bisa dikatakan jantungnya perekonomian warga, " ucap Maman. 

Kualitas jalan yang bagus, katanya, tentu akan meningkatkan geliat ekonomi warga di sekitarnya. 


"Apalagi jalur ini merupakan jalur alternatif penghubung yang bisa mempersingkat waktu tempuh dari Cilimus hingga ke Luragung. Sering dilalui kendaraan travel, pengangkut logistik dan lainnya, " tandas nya. 

Maman berharap kepada warga sekitar dan juga pengguna jalan  agar bisa memelihara hasil pengerjaan jalan  tersebut agar tidak rusak kembali. 

(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.