Dinas LH Himbau Distribusi Daging Kurban Tak Gunakan Kantong Plastik


KUNINGAN - Kepala  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan,  Wawan Setiawan, menghimbau panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik dalam pembagian hewan kurban pada penyelenggaraan Idul Adha 1442 ini.  Hal itu untuk menjaga  lingkungan hidup yang bersih dan sehat.


“Menggunakan kantong plastik satu kali pakai,  akan menimbulkan masalah. Apalagi, jika kantong plastik yang digunakannya dengan jumlah banyak,” ujar Wawan Setiawan, melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Beni Setiawan, Senin (19/07/2021) 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Ia mengatakan, sebagai pengganti kantong atau wadah  daging kurban adalah daun pisang dan daun jati. Selain itu, bisa juga menggunakan wadah anyaman bambu (besek) atau jenis wadah lain  yang bisa digunakan ulang, terutama yang bisa dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

"Bahan jenis plastik jika dibuang ke alam akan membutuhkan waktu penguraian yang lama dan merusak lingkungan. Beda dengan jika dibungkus daun atau ditusuk bambu, akan lebih ramah lingkungan, " kata Wawan. 


Ia pun mengimbau agar panitia kurban menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpilah, dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan salat idul Adha dan pembagian hewan kurban.

“Diharapkan panitia kurban melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan di lokasi pelaksanaan Idul Adha dan pembagian daging kurban,” ujarnya.(Nars/Rls) 

No comments

Powered by Blogger.