Meski Sering WFH, Pengawasan dan Pengendalian di Pemkab Kuningan Raih Juara Kedua Nasional


KUNINGAN - Kondisi Pandemi COVID-19 yang membuat sebagian besar pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kuningan harus bekerja dari rumah (Work from Home/WFH), tidak otomatis menurunkan kinerja mereka dalam melayani masyarakat. 

Tuntutan kinerja pegawai pemerintahan untuk melayani masyarakat terus dipacu, meski aturan PPKM tetap diperpanjang. Alhasil, dari upaya tersebut, Berdasarkan unsur penilaian Indeks NSPK Manajemen, Pemkab Kuningan meraih Penghargaan Nasional dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai Peringkat Kedua Nasional untuk kategori Pemerintahan Kabupaten tipe A. 


Kuningan berada di urutan kedua setelah Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur atas capaian komitmen dalam Pengawasan dan Pengendalian. 

Kepala BKPSDM Kuningan, Nurahim, menyampaikan bahwa pencapaian BKN Award 2021 adalah hasil kerja sama seluruh pegawai BKPSDM dan mitra kerja SKPD karena bidang kepegawaian kepentingan dan kebutuhan semua pegawai di Kabupaten Kuningan. 

" Penghargaan BKN Award adalah upaya pemerintah untuk mendorong setiap organisasi baik pusat maupun daerah dalam meningkatkan kinerja untuk menjamin pencapaian reformasi birokrasi secara utuh dan menyeluruh, " ujarnya, Senin (26/07). 


Pihaknya mengaku bersyukur kepada Allah SWT, bahwa kesungguhan dan komitmen untuk memperoleh pengakuan yang sejatinya telah mendorong semangat BKPSDM untuk lebih optimal dalam melaksanakan fungsi pelayanan kepegawaian untuk semua aparatur di Kabupaten Kuningan. 

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kuningan secara konsisten berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui peningkatan kapasitas SDM, peningkatan kinerja organisasi, pemanfaatan sistem dan teknologi informasi dan penguatan jiwa ASN secara berkelanjutan. 

Terpisah, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar  menyampaikan apresiasinya atas capaian tersebut. Pihaknya berharap capaian ini bisa ditularkan juga kepada sektor lainnya. 

“Saya sangat mengapresiasi pencapaian ini, saya harap ini akan mendorong pencapaian di bidang sektor lain sehingga kita bisa mewujudkan pemerintahan yang berkinerja tinggi,” kata Sekda Dian. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Sementara, Bupati Kuningan, Acep Purnama melihat pencapaian Prestasi Nasional ini sebagai wujud komitmen dan kerjasama semua pihak. 

"Penghargaan BKN Award 2021 membuktikan bahwa komitmen pemerintah untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tetap terjaga, terutama di tengah kesiapsiagaan kita bersama untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir, " papar Bupati Kuningan dalam keterangan persnya. 

Lebih lanjut, kata Acep, pencapaian penghargaan bidang kepegawaian juga akan mendorong motivasi Pemerintah Kabupaten Kuningan yang semakin memacu diri dalam mewujudkan amanat visi dan misi pembangunan daerah. 

Untuk diketahui, BKN RI merilis daftar peraih penghargaan nasional ini pada awal Juli lalu melalui website resminya, https://www.bkn.go.id/


BKN Award ini telah tujuh tahun diadakan, sebagai wujud apresiasi dan penghargaan tertinggi di tingkat nasional untuk kinerja kepegawaian kepada kementerian, lembaga negara dan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Penghargaan diberikan berdasarkan unsur penilaian Indeks NSPK Manajemen. BKN menetapkan 5 (lima) kategori penilaian BKN Award 2021, yakni: Perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (kategori I); Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II); Penilaian kompetensi (Kategori III); Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen pengawasan dan pengendalian (Kategori V). (Nars) 


No comments

Powered by Blogger.