Ads Top


KUNINGAN - Kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Selasa (31/08/2021), selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, juga dalam rangka peresmian Bendungan Kuningan.

Agenda peresmian bendungan yang dibangun untuk mengairi sekira 3000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Kuningan dan Brebes ini, dimulai sekira pukul 15:15 WIB.


Dalam sambutannya, Presiden Jokowi, mengucap syukur atas rampungnya Bendungan Kuningan yang telah dibangun selama 7 tahun dengan menghabiskan biaya Rp  513 miliar ini.

"Hari ini pembangunan Bendungan Kuningan selesai dan siap difungsikan," ujar Presiden Jokowi.

Adapun, ditambahkannya, kapasitas daya tampung air Bendungan Kuningan adalah sebesar 25,9 juta meter kubik, yang mampu mensuplai air pertanian irigasi secara berkesinambungan untuk 3 ribu hektar sawah di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

"Jika suplai air untuk bendungan ini terus terjaga, maka petani bisa menambah frekuensi tanamnya. Dari satu kali setahun menjadi dua atau tiga kali setahun " paparnya.

Sehingga, imbuhnya, hal itu bisa meningkatkan produksi dan berdampak pada  kesejahteraan para petani.

"Bendungan ini juga sangat bermanfaat untuk ketahanan air, mengendalikan banjir, menyediakan air baku 0,30 meter kubik per detik serta menghasilkan listrik 0,5 mega watt," terangnya.

Jokowi meminta agar bendungan bisa disambungkan dengan penataan jaringan irigasi mulai saluran primer, sekunder, tersier hingga kuarter.

Hal itu menurutnya penting ditekankan agar kehadiran bendungan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi para petani.

"Saya berharap agar Bendungan Kuningan ini bisa memberi nilai tambah bagi daerah, bukan saja meningkatkan produktifitas pertanian tapi juga memudahkan penyediaan air bersih bagi masyarakat," tandas Presiden Jokowi.


Peresmian Bendungan Kuningan ditandai dengan pemutaran roda pintu air dan penandatanganan prasasti olrh Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya presiden bersama rombongan melakukan peninjauan di sekitar wilayah Bendungan Kuningan yang baru diresmikan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.