Susul MoU dengan KPU, Karang Taruna Buka Peluang Kerjasama dengan Bawaslu Kuningan


KUNINGAN - Usai melakukan kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kuningan, Karang Taruna juga melebarkan sinergitas dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kuningan untuk  meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu. 

Hal itu terungkap saat kunjungan para pengurus Karang Taruna Kuningan yang diketuai oleh Dr Carlan di Kantor Bawaslu Kuningan, Jalan RE Martadinata, pada Kamis (05/08/2021). 


Carlan dan jajaran diterima langsung oleh Ketua Bawaslu, Ondin Sutarman SIP, di ruang kerjanya. 

Ondin mengatakan Bawaslu sangat terbuka terhadap kegiatan partisipasi masyarakat dalam mengawal dan menjaga demokrasi. Apalagi menurutnya, Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang cukup populer di masyarakat, tentu memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan partisipasi dan integritas masyarakat ketika Pemilu. 

"Bagi Bawaslu, Karang taruna akan sangat membantu dalam menjaga integritas proses dan hasil Pemilu, " ungkap Ondin dalam keterangannya. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Pihaknya melihat sebagai organisasi yang digawangi oleh anak muda, tentu memiliki jiwa idealis, yang bisa menyuarakan keadilan mulai tingat RT hingga tingkat Kabupaten. 

" Terlebih Karang Taruna saat ini terlihat massif dibawah kepemimpinan Pak Dr. Carlan,  yang juga menjabat sebagai Kabid PAUD Dikmas Kuningan, "ujarnya.

Sebab itu, imbuhnya, Ia akan menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan komisioner lain untuk membahas program kerja sama antara Bawaslu  dengan Karang Taruna Kabupaten Kuningan. 


Seperti yang kita ketahui, pada bulan Nopember 2021 akan dilaksanakan Pilkades Serentak di 78 desa. Karang taruna diharapkan bisa menjadi pelopor, yang akan membantu memberikan pemahaman demokrasi kepada masyarakat khususnya di tingkat desa. 

Bawaslu Kuningan  kembali mengajak Karang Taruna mengabdikan diri melalui pengawasan salah satunya melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang rutin dilaksanakan. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.